Cara Mengembalikan Editor WordPress ke Versi Lama

Beberapa hari yang lalu WordPress telah merilis updatenya ke versi 5.0 yang di dalamnya sudah termasuk editor baru yaitu Gutenberg editor.

Sebenarnya beberapa bulan yang lalu, WordPress sudah merekomendasikan usernya untuk menggunakan Gutenberg editor yang pada saat itu masih versi percobaan dan dapat digunakan dengan cara menginstall plugin Gutenberg Editor.

Namun pada rilis updatenya kali ini, WordPress telah menjadikan Gutenberg editor sebagai editor utamanya.

Sayangnya pada update versi 5 ini, banyak pengguna yang mengeluhkan karena perubahan pada editor post yang saat ini menggunakan Gutenberg. Di beberapa forum salah satunya yaitu WordPress Indonesia, banyak pengguna wordpress yang merasa kesulitan dengan adanya editor baru ini dan lebih memilih menggunakan editor yang lama.

Bagaimana cara mengembalikan editor wordpress ke versi lama?

Apabila Anda merasa kesulitan dengan editor yang baru. Anda bisa mengembalikan dengan cara install plugin Classic Editor yang telah disediakan dan dikembangkan oleh kontributor WordPress.

Langkah-langkah install plugin classic editor.

  1. Install Plugin

    Pada halaman admin wordpress, silakan klik menu Plugin > Add New(Tambah Baru) > masukan kata kunci “classic editor” pada kolom pencarian plugin.Classic Editor WordPress

  2. Setting plugin

    Setelah diinstall dan diklik Activate, maka akan secara otomatis dialihkan ke halaman plugin. Pada posisi ini plugin sudah otomatis aktif dan sudah bisa menampilkan editor seperti yang lama.

    Selanjutnya apabila Anda ingin melakuan setting plugin tersebut, silkan klik Settings pada plugin Classic Editor.Setting plugin classic editor
    Pada pengaturan tersebut Anda bisa mengatur default editornya dan jika Anda ingin agar user dapat memilih editor yang diinginkan, bisa diatur menjadi Yes.

  3. Editor siap digunakan

    Sampai di sini, Anda bisa membuat post dengan menggunakan editor seperti sebelumnya.tampilan editor

Sebagai informasi, dari keterangan pada deskripsi plugin Classic Editor. Plugin tersebut akan tersedia setidaknya sampai 2022. Jadi ada kemungkinan nantinya plugin tersebut tidak akan tersedia lagi.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.