5 Tema WordPress Gratis, Cepat dan Terbaik Untuk SEO

Tema wordpress gratis terbaik untuk seo

Menentukan pilihan tema wordpress merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karena tema yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan situs web salah satunya dalam hal SEO dan tentunya untuk menunjang pada SERP. Banyak sekali tema wordpress gratis yang tersedia di library wordpress yang dapat Anda pilih. Namun untuk memilih tema yang akan Anda gunakan tidak hanya memperhatikan pada sisi tampilan saja; Anda juga perlu memperhatikan pada sisi SEO nya juga.

3 kriteria tema yang perlu Anda perhatikan

Menurut masgani.com, ada 3 kriteria tema yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan performa situs web yang lebih baik:

1. Kecepatan

Pastikan tema yang akan Anda pilih memiliki performa yang baik di sisi kecepatan. Salah satu keberhasilan situs web adalah pada kecepatan akses halaman. Jika suatu laman memiliki akses yang lambat, hal ini dapat menyebabkan calon pengunjung meninggalkan halaman tersebut. Selain itu, mesin telusur seperti Google juga sangat mempertimbangkan kecepatan situs web, dengan tujuan agar pengunjung yang mengakses situs web dari hasil pencarian mendapatkan kenyamanan.

2. Struktur Data

Tema yang akan akan Anda pilih juga setidaknya memiliki atau sudah menerapkan struktur data yang baik. Hal ini agar mesin telusur seperti Google, Bing, Yandex dan lainnya dapat memahami setiap konten yang ada di situs web. Dengan begitu situs web Anda akan dengan mudah mendapatkan peringkat pada SERP dan tentunya dapat mendatangkan banyak pengunjung.

Struktur data yang digunakan setidaknya menggunakan schema.org dan microdata. Karena ini yang umum dan banyak digunakan. Jika tema yang digunakan sudah menerapkan struktur data yang baik, secara otomatis tema tersebut sudah SEO Friendly!

3. Mobile Friendly

Di era sekarang, sudah banyak pengguna yang mengakses website menggunakan mobile atau sering kita sebut smartphone. Maka dari itu, tema yang akan Anda pilih sudah menerapkan mobile firendly atau responsive di semua device. Hal ini untuk memudahkan pengunjung membaca konten yang ada pada situs web. Karena jika situs web tidak mobile friendly, maka kebanyakan pengguna akan meninggalkan halaman situs web tersebut.

5 Tema WordPress Gratis Terbaik!

Berikut ini adalah 5 tema wordpress gratis terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. Hueman

Hueman tema wordpress gratis terbaik

Sejauh ini, Hueman adalah pilihan tema terbaik dan powerfull; Sangat cocok untuk kebutuhan blogging, publisher atau magazine. Tema ini juga sudah menerapkan struktur data yang baik serta memiliki pengaturan untuk menunjang performa situs web dan juga mobile friendly serta memiliki performa yang sangat cepat.

Untuk ukuran tema gratis, tema ini sangat rekomendasi dengan fitur-fitur yang ada.

2. Astra

Astra tema wordpress gratis terbaik

Siap mengonlinekan bisnis Anda! Astra pilihan yang tepat untuk Anda khususnya untuk hal bisnis. Memiliki beragam pilihan desain yang dapat Anda gunakan.

Astra adalah tema WordPress yang cepat, dapat disesuaikan sepenuhnya & indah yang cocok untuk blog, portofolio pribadi, situs web bisnis, dan etalase WooCommerce. Ini sangat ringan (kurang dari 50KB di bagian depan) dan menawarkan kecepatan yang tak tertandingi.

Dibuat dengan mempertimbangkan SEO, Astra hadir dengan kode Schema.org terintegrasi dan siap untuk Native AMP sehingga mesin telusur akan menyukai situs Anda. Ini menawarkan fitur dan templat khusus sehingga berfungsi sempurna dengan semua web builder seperti Elementor, Beaver Builder, Komposer Visual, SiteOrigin, Divi, dll.

3. Ocean WP

Ocean WP tema wordpress gratis terbaik

OceanWP adalah tema yang sempurna untuk proyek Anda. Ringan dan responsive, ini akan memungkinkan Anda membuat hampir semua jenis situs web seperti blog, portofolio, situs web bisnis, dan etalase WooCommerce dengan desain yang indah & profesional. Sangat cepat, responsif, RTL & terjemahan siap, praktik SEO terbaik, fitur WooCommerce unik untuk meningkatkan konversi dan banyak lagi.

Anda bahkan dapat mengedit pengaturan di tablet & seluler sehingga situs Anda terlihat bagus di setiap perangkat. Bekerja dengan web builder paling populer seperti Elementor, Beaver Builder, Brizy, Visual Composer, Divi, SiteOrigin, dll.

Demo: https://oceanwp.org/demos/

4. Hestia

Hestia adalah tema WordPress modern untuk para profesional. Ini cocok dengan bisnis kreatif, bisnis kecil (restoran, perencana pernikahan, toko olahraga / medis), startup, bisnis korporat, agensi dan firma online, portofolio, e-commerce (WooCommerce), dan freelancer. Ini memiliki desain satu halaman multiguna, footer widgetized, halaman blog / berita dan tampilan yang bersih, kompatibel dengan: Flat Parallax Slider, Galeri Foto, Peta Perjalanan dan Pembuat Halaman Elementor. Temanya responsif, WPML, Retina ready, SEO friendly, dan menggunakan Material Kit untuk desain.

5. GeneratePress

GeneratePress tema wordpress gratis terbaik

GeneratePress adalah tema WordPress ringan yang dibangun dengan fokus pada kecepatan dan kegunaan. Itulah sebabnya pemasangan GeneratePress baru menambahkan kurang dari 10kb (gzip) ke ukuran halaman Anda. Tema ini memanfaatkan sepenuhnya editor blok baru (Gutenberg), yang memberi Anda lebih banyak kendali atas pembuatan konten Anda.

Jika Anda menggunakan pembuat halaman, GeneratePress adalah tema yang tepat untuk Anda. Ini sepenuhnya kompatibel dengan semua pembuat halaman utama, termasuk Beaver Builder dan Elementor. Berkat penekanan pada standar pengkodean WordPress, tema ini dapat membanggakan kompatibilitas penuh dengan semua plugin yang dikodekan dengan baik, termasuk WooCommerce.

GeneratePress sepenuhnya responsif, menggunakan HTML / CSS yang valid dan diterjemahkan ke lebih dari 25 bahasa oleh komunitas yang luar biasa. Beberapa dari banyak fitur tema ini termasuk integrasi mikrodata, 9 area widget, 5 lokasi navigasi, 5 tata letak bilah sisi, menu tarik-turun (klik atau arahkan) dan preset warna navigasi.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Anda juga bisa langsung bertanya melalui halaman kontak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.