Internal Server Error Di WordPress dan Cara Meperbaikinya

Cara memperbaiki internal server error

Sebagai pengguna WordPress self hosted, tentunya akan pernah mengalami kesalahan internal server error pada saat melakukan konfigurasi website demi untuk mengoptimalkan kinerja website atau untuk keperluan tertentu. Bagai orang yang baru pertama kali menemukan kesalahan tersebut, biasanya akan merasa panik dan bingung mengapa terjadi hal tersebut.

Pada postingan ini, saya akan memberi sedikit penjelasan tentang penyebab dan bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut.

Penyebab terjadinya internal server error

Cara memperbaiki internal server error

Internal server error yang terjadi seperti pada contoh di atas, umumnya terjadi karena ada kesalahan kode pada file htaccess yang ada di bagian direktori utama instalasi WordPress. Hal ini sangat umum terjadi ketika user sedang mengedit atau menambahkan konfigurasi khusus yang ingin diterapkan pada website nya.

Baca Juga: Page Not Found di WordPress

Cara memperbaiki internal server error

Cara memperbaiki kesalahan ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses file manager atau melalui ftp untuk mengakses file website Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Login ke cPanel

Silakan login ke akun cpanel Anda seperti biasanya.

2. Pilih Fitur File Manager

Pada akun cPanel akan ada fitur dengan nama File Manager. Silakan gunakan fitur tersebut untuk mengakses file website.

3. Masuk ke public_html

Pada file manager, cari folder dengan nama public_html. Silakan klik folder tersebut untuk masuk ke dalam nya.

4. Periksa file .htaccess

Setelah berhasil masuk ke folder public_html, silakan cari file dengan nama .htaccess. Jiksa sudah ketemu, silakan buka file tersebut dan periksa apakah ada kesalahan penulisan kode. Jika kita tidak yakin, kita bisa langsung coba untuk merubah nama file .htaccess nya misal menjadi .htaccess.text untuk mematikan sementara fungsinya.

Selanjut nya bisa coba akses kembali halaman website kita. Biasanya error pada website tidak muncul lagi. Karena hal yang sangat umum terjadi pada error ini dikarenkan ada kesalahan pada rule atau penulisan syntax di dalam file .htaccess.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Anda juga bisa langsung bertanya melalui halaman kontak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.