Persiapan awal sebelum inslasi WordPress

Jika Anda membaca tulisan ini, berarrti Anda sudah tahu apa itu WordPress, jadi saya tidak perlu menjelaskan dari awal. Sebelum membangun sebuah situs web atau blog menggunakan WordPress, persiapan awal yang perlu kita pikirkan adalah menentukan nama Domain dan menyiapkan web server.

Menyiapkan Domain

Kita harus mempunyai Domain untuk situs web atau blog kita. Domain berguna sebagai alamat, sekaligus brand atau merek. Saat ini di Indonesia sudah banyak layanan penyedia nama Domain, kita hanya tinggal memilih. Tapi perlu di ingat, sebelum membeli domain pastikan layanan penyedia domain tersebut sudah berpengalaman atau sudah diakui banyak orang dan sudah terbukti dalam pelayanan atau supportnya.

Tips sebelum membeli Domain

  • Buat Domain yang unik dan mudah di ingat.
  • Usahakan nama domain sesuai dengan tema situs web atau blog kita.
  • Usahakan nama Domain tidak terlalu panjang.

Menyiapkan Web Server

Saat ini sudah banyak penyedia layanan web server yang sekarang dibagi menjadi banyak pilihan, yaitu: Dedicated Server, VPS (Viritual Private Server), Dedicated Hosting, Shared Hosting, dll. Kita hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan situs web kita.

Di Indonesia juga sudah banyak yang menyediakan layanan tersebut. Mulai dari server luar maupun server lokal. Jika target kita adalah pengguna lokal, atau maksudnya situs kita ditujukan hanya untuk orang Indonesia; saya merekomendasikan untuk menggunakan server lokal.

WordPress juga mempunya hosting pilihan terbaik untuk Anda, yaitu Bluehost. JIka Anda mempunyai pilihan lain, silahkan pilih sesuka hati Anda dan menurut kepercayaan Anda terhadap layanan yang dipilih.

Apa selanjutnya?

Jika kita sudah menyiapkan keduanya, berarrti kita sudah siap untuk membangun situs web atau blog menggunakan WordPress.

Baca: Cara Instalasi WordPress

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.