Membuat Tampilan GUI di NetBeans IDE

Pada saat belajar bahasa pemrograman Java, biasanya editor yang sering digunakan yaitu NetBeans IDE. Karena dengan editor ini, kita dapat dengan mudah menulis kode pemrograman yang akan kita buat, apalagi jika kita akan membuat tampilan GUI di NetBeand IDE untuk pemrograman java yang sedang kita buat.

Oleh karena itu, pada pembahasan ini, kita akan belajar bagiamana cara membuat tampilan GUI pada JAVA menggunakan NetBens IDE.

Berikut adalah cara Membuat Tampilan GUI di NetBeans IDE

1. Membuat Project

Pertama kita buat dulu projectnya, jika tema-teman sudah mempunyai project sendiri silahkan abaikan langkah ini dan untuk teman-teman yang belum bisa silahkan bisa lihat caranya di tutorial berikut: Dasar Pemrograman Java.

2. Membuat JFrame Form

Setelah kita membuat projectnya selanjutnya kita buat dulu JFrame Form yang nantinya akan kita gunakan sebagai tampilan GUI dan untuk meletakan objek-objek yang kita butuhkan.

Caranya:

Klik kanan pada package kita, di contoh ini nama package saya adalah tampilan, silahkan sesuaikan dengan punya kalian jika kalian sudah punya package yang berbeda.

Membuat JFrame Form Baru

Loh, kok di NetBeans IDE Saya tidak ada pilihan  JFrame Form?

Tenang saja, pasti ada. JFrame Form nya masi ngumpet karena belum pernah dipakai. hehe

Bagaimana cara menemukan JFrame Form nya?

Caranya silahkan klik pilihan Other, setelah itu kita akan melihat jendela muncul baru seperti pada contoh gambar di bawah ini:

Memilih kategori

Pada bagian Categories, silahkan kalian klik  Swing GUI Forms. Setelah itu lihat pada bagian File Types, silahkan pilih JFrame Form lalu klik Next.

Oke kita lanjut lagi!

Setelah kita memilih JFrame Form, selanjutnya kita beri nama JFrame Formnya. Untuk namanya bebas sesuka kalian atau sesuaikan dengan apa yang ingin kalian buat. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti pada contoh gambar di bawah ini:

Contoh GUI

3. Membuat Tampilan GUI

Pada langkah ini kita akan memulai membuat tampilannya. Perhatikan pada bagian sebelah kanan yang saya beri tanda.

Pilihan komponen-komponen

Di situlah letak komponen-komponen yang nantinya akan kita butuhkan. Kita bisa memilih komponen apa saja yang kita butuhkan pada aplikasi yang akan kita buat.

Misal kita akan membuat formulir kontak, dan formulir kontak yang akan kita buat memiliki desain tampilan seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Contoh Tampilan Formulir Kontak

Berarrti kita akan membutuhkan beberapa komponen-komponen berikut:

  • 5 Label
  • 3 Text Field
  • 1 Text Area

Bagaimana cara meletakan komponen-komponennya?

Caranya mudah sekali, kita tinggal pilih dan klik komponen yang kita butuhkan, lalu arahkan ke JFrame Form kita lalu lepaskan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini:

Silahkan kalian desain dan sesuaikan sesuai dengan kreatifitas kalian masing-masing dan jangan lupa untuk selalu dicoba-coba. Karena jika kita hanya mengikuti sama persis seperti tutorial-tutorial yang kita lihat, maka kita tidak akan bisa berkembang tanpa kita mencobanya sendiri.

Selamat mencoba. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.

Mungkin Anda juga menyukai

7 Respon

  1. Harga Hp Terbaru 2017 berkata:

    Thanks mas….ijin dipraktekan…nuhun

  2. Aldehooo berkata:

    Maaf kalo gini ada bentuk codingannya gak yah?

  3. Fella berkata:

    Cara drag and drop nya gimana mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.