Constructor Pada Pemrograman Java

Constructor Pada Pemrograman Java

Constructor pada pemrograman java memiliki nama yang sama dengan nama class. Secara sintaks, constructor juga mirip seperti method, namun constructor tidak memiliki return atau nilai pengembalian seperti method.

Umumnya contructor digunakan untuk memberikan atau mendefinisikan nilai awal pada sebuah variable atau object di dalam class nya. Syntax atau code yang ada di dalam nya akan langsung dieksekusi ketika class dipanggil.

Secara default, semua class pada java memiliki constructor walaupun kita tidak mendefinisikannya. Sehingga jika kita tidak membuat constructor, maka akan terbentuk secara otomatis.

Constructor Pada Pemrograman Java

Berikut ini adalah contoh contructor pada pemrograman java:

Contoh constructor:

public class Mobil {
    public Mobil() {
    }
}

Selanjutnya mari kita coba terapkan di contoh code berikut. Pada contoh ini akan menggunakan program yang telah dibuat pada tutorial sebelumnya yaitu Class dan Object pada Java, bagi teman-teman yang belum mengikuti sebelumnya, silakan dapat melihat contohnya pada tutorial tersebut.

Jenis Constructor

Ada 2 jenis Constructor yaitu:

  • Constructor tanpa argumen/parameter, dan
  • Constructor dengan parameter.

Apa perbedaan constructor tanpa parameter dan constructor dengan parameter? Perbedaannya yaitu, jika constructor dengan parameter, kita dapat menentukan value yang berbeda-beda saat pemanggilan class nya. Sebaliknya jika tanpa parameter, maka value nya akan tetap, kecuali jika kita merubahnya di method lain.

Contoh penggunaan constructor tanpa parameter

Pada contoh code di atas, kita telah memberikan nilai awal pada masing-masing variable warna dan merk.

Output

Mobil BMW warna Merah bergerak maju
Mobil BMW warna Merah bergerak mundur

Screenshot

Pada baris 32 (screenshot) saat class dipanggil maka secara otomatis akan menjalankan constructor dan akan memberikan value untuk masing-masing variable yang ada di dalam nya yaitu pada baris 15 dan 16. Sehingga saat variable warna dan merk dipanggil di method maju() dan mundur(), masing-masing sudah memiliki value.

Contoh penggunaan constructor dengan parameter

Output

Mobil Toyota warna Biru bergerak maju
Mobil Toyota warna Biru bergerak mundur

Screenshot

Jika kita lihat pada contoh code di atas, terdapat perbedaan dengan contoh code program sebelumnya yaitu constructor tanpa parameter. Pada contoh program constructor dengan parameter ini terdapat 2 parameter yaitu paramWarna dan paramMerk yang nantinya value nya akan diberikan pada saat pemanggilan class nya yaitu seperti contoh pada baris 32 (screenshot)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.