Class dan Object Pada Pemrograman Java

Class dan Object Pada Pemrograman Java

Seperti yang telah kita ketahui, java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas tentang Class dan Object pada pemrograman Java.

Classes dan Object

  • Class – class dapat didefinisikan sebagai template/blueprint yang menjelaskan perilaku/status yang didukung oleh objek dari tipenya.
  • Object – Objek memiliki status dan perilaku. Contoh: mobil memiliki merk, warna dan bisa bergerak maju serta mundur. Objek adalah turunan dari class, sebuah objek bisa didefinisikan setelah suatu class ada terlebih dahulu. Objek membungkus suatu data dan fungsi menjadi suatu unit dalam suatu program, objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program berorientasi objek.

Contoh Class dan Object

Class

Seperti yang telah saya bahas di awal tadi, bahwa class adalah template/blueprint. Maka contoh paling dasarnya seperti berikut ini. Di sini saya akan membuat class dengan nama Mobil.

public class Mobil {
    
}

Pada contoh code di atas sudah berhasil membuat class dengan nama Mobil.

Object

Setelah membuat class, selanjutnya kita sudah dapat membuat objek di dalam class tersebut. Pada penjelasan sebelumnya saya telah membuat class dengan nama Mobil, selanjutnya akan membuat contoh object di dalam class mobil tersebut.

public class Mobil {
    String warna;
    String merk;
    
    void maju() {
        
    }
    
    void mundur() {
        
    }
}

Dari contoh code di atas, sudah terlihat di dalam class Mobil terdapat object warna, merk, maju dan mundur. Pada object tersebut memiliki peran masing-masing yaitu sifat dan perilaku.

Contoh program class dan object

Selanjutnya mari kita coba membuat program dari class dan object yang telah kita buat agar dapat menghasilkan output.

Output

Mobil BMW warna Merah bergerak maju
Mobil BMW warna Merah bergerak mundur

Contoh pada NetBeans IDE

Sampai di sini sudah berhasil membuat program dan menghasilkan output sesuai yang diinginkan.

Dari contoh program di atas selain mempelajari tentang class dan object, kita juga telah mempelajari tentang Data Type, Variable, dan Method.

Penjelasan

  • Data Type – Dari contoh program di atas, yang dimaksud type data yaitu ada pada baris 13 dan 14 (lihat screenshot). Di sana kita telah mendefinisikan sebuah data type String.
  • Variable – Masih sama yaitu di baris 13 dan 14. Di sana kita telah mendefinisikan variable warna dan merk.
  • Method – Dari contoh program di atas yang dimaksud method yaitu ada pada baris 16 dan 20 (lihat screenshot). Sebuah method diawali dengan void dan dilanjut denga nama method nya yaitu maju dan mundur.

Demikian tutorial tentang Class dan Object pada pemrograman Java. Semoga dapat membantu bagi Anda yang sedang belajar Class dan Object di pemrograman Java.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.