Categories
Info dan Tips

Kartu ATM BCA Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Paspor BCA atau yang biasa dikenal kartu ATM berfungsi untuk mempermudah setiap transaksi perbankan mulai dari menarik, menyetor, transfer, membayar berbagai tagihan dan lain-lain.Dengan begitu semua transaksi akan lebih mudah dengan adanya teknologi ini.

Jika Anda sering melakukan transaksi pasti akan lebih sering menggunakan kartu ATM, dengan seringnya menggunakan kartu atm tidak menutup kemungkinan Anda bisa kehilangan kartu jika tidak dengan hati-hati dalam menggunakannya. Biasanya masalah yang sering terjadi yaitu kartu ATM tertelan atau tertinggal di mesin ATM.

Lalu bagaimana jika kartu ATM BCA hilang, tertinggal atau tertelan?

Anda tidak perlu khawatir jika kartu atm bca hilang, karena jika kartu atm ditemukan oleh seseorang maka orang tersebut tetap tidak bisa menggunakannya karena tidak mengetahui pin Anda. Oleh karena itu kita diharuskan membuat pin yang tidak mudah ditebak. Dan jika kartu atm bca tertinggal atau tertelan di mesin ATM, maka secara otomatis akun akan terblokir sementara, jadi saldo akan tetap aman.

Bagaimana cara mengurus kartu ATM BCA hilang?

Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menyiapkan Buku Tabungan dan KTP yang digunakan pada saat membuat rekening tabungan Anda.

Berikut ini adalah cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang:

  1. Siapkan Buku Tabungan dan KTP

    Silakan siapkan buku tabungan rekening BCA Anda dan KTP yang digunakan untuk membuat rekening BCA pada saat itu.

  2. Datang ke kantor cabang BCA terdekat

    Datang ke kantor cabang BCA terdekat di tempat Anda tinggal saat ini. Tidak harus ke kantor pusat.

  3. Ambil nomor antrian

    Ambil nomor antrian bagian Customer Service atau jika belum tahu bisa tanya ke security yang biasanya menunggu di pintu masuk. Mereka akan mengarahkan anda sekaligus mengambilkan nomor antrian sesuai dengan permasalahan Anda.

  4. Tunggu antrian

    Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil, mungkin akan sedikit lama apabila banyak antrian.

  5. Ceritakan kronologi kehilangan kartu/paspor BCA Anda

    Jika sudah sampai giliran Anda, ceritakan kepada customer service tentang permasalahan Anda. Maka customer service akan membuatkan Paspor BCA/kartu ATM yang baru.

Pada saat pembuatan ulang Paspor BCA/Kartu ATM, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 yang akan diambil dari saldo pada rekening Anda. Besarnya biaya tersebut mungkin akan berbeda untuk jenis Paspor BCA tertentu.

Begitulah langkah-langkahnya sesuai dengan pengalaman yang pernah Saya alami. Anda hanya akan dimintai tanda tangan, memasukan pin lama dan membuat pin baru. Setelah beberapa menit kartu ATM anda sudah jadi dan siap digunakan untuk transaksi kembali.

Bagaimana jika KTP tidak sesuai atau Buku Tabungan tidak ada?

Apabila KTP Anda tidak sesuai, atau buku tabungan hilang dan lain sebagainya. Anda bisa coba langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat dan bertanya kepada bagian cusomer service. Nantinya akan diberikan solusi terkait permasalahannya dan mungkin akan diinformasikan persyaratannya apa saja agar dapat mengurusnya.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.

90 replies on “Kartu ATM BCA Hilang? Begini Cara Mengurusnya”

Misal saya membuat atm ny d pulau sumatra (jambi) apakah saya bisa mengurus kehilanhan atm ini d pulau yg berbeda (jawa barat/cikarang)
Karena saya bekerja di cikarang

Terimakasih

Lebih baik dicoba dulu untuk mengurusnya, karena nanti akan dijelaskan apabila perlu adanya dokumen tambahan untuk mengurus kartu atm yang hilang tersebut 🙂

Sebenarnya buku tabungan adalah salah satu syarat penting untuk mengurus kartu atm yang hilang. Namun dapat dicoba dahulu untuk mengurus permasalahan tersebut dengan hanya membawa KTP yang terdaftar atau yang digunakan untuk membuat rekening Anda. Jika nantinya ada persyaratan yang perlu dipenuhi, pasti akan diberi tahu oleh customer service bank.

waktu saya membuatnya, domisili di ktp saya masih di bogor.. skrg ktp sy sdh ektp dengan domisili di batam.. apakah bisa saya mengurus kartu bca saya yang tertelan tanpa harus pergi ke bogor tempat dulu saya membuatnya? secara tidak mungkin saya yang sekarang di batam sampai harus ke bogor untuk mengurus ini.

Halo Nur,

Anda dapat langsung coba datang ke cabang bca terdekat untuk mengurus kartu atm yang hilang.

Karena yang terpenting adalah buku tabungan dan ktp yang terdaftar di rekening tersebut.

Terkait dengan adanya perubahan domisili di ktp, Anda dapat konsultasi terlebih dahulu dengan customer support, nantinya pasti akan dijelaskan apabila perlu adanya dokumen tambahan.

Bagaimana kalau buku tabungan yang kita miliki sudah rusak/sobek parah, apakah masih bisa dipakai sebagai persyaratan?

Bisa dicoba datang ke kantor terlebih dahulu dan menjelaskan terkait dengan permasalhan Anda. Mungkin dari pihak bank akan memberikan persyaratan khusus untuk verifikasi. Misal dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

saya ingin bertanya kalau saat mengurus kartu atm yang hilang tetapi KTP saya juga hilang,apakah bisa menggunakan fotokopi ktp?

Lebih baik dicoba dulu untuk mengurusnya, karena nanti akan dijelaskan apabila perlu adanya dokumen tambahan untuk mengurus kartu atm yang hilang tersebut 🙂

Iya dompet hilang ngurus k bca cabang terdekat di tolak karna. Ektp hilang jg udh bkn srt khilangn msh di tolak hrs ktp aslii … Itu gmn y

Buku tabungan adalah salah satu persyaratan penting untuk mengurusnya. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba datang ke kantor dan menjelaskan terkait dengan kendala yang sedang Anda alami.

Bang misal kehilangan kartu tindakan paling awal blokir lewat m banking bener ga ? Atau kita harus ke kantor bcanya dulu?

Benar, tindakan awal yang perlu dilakukan adalah memblokir. Pemblokiran bisa dilakukan melalui m-banking/internet banking atau datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat.

Bisa dicoba datang ke kantor terlebih dahulu dan menjelaskan terkait dengan permasalahan Anda. Mungkin dari pihak bank akan memberikan persyaratan khusus untuk verifikasi. Misal dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

mau tanya, saya pernah mau ganti kartu, tapi ga bisa. karna tanda tangan saya beda katanya, padahal syarat semua ada.
solusinya gimana ya?

Buku tabungan adalah salah satu persyaratan penting untuk mengurusnya. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba datang ke kantor dan menjelaskan terkait dengan kendala yang sedang Anda alami.

Malam ka kalao atm rusak..
Apakah bisa diurus.. Soal.y pas saya bikin di kampung mengunakan ktp sebelum pindah domisili di kampung. Dan sekarang saya sudah pindah dan ktp sudah baru domisili jakarta

Kalau atm hilang tp sdh skitar 1 minggu yg lalu dan baru ketahuan atau menyadari klo ATM hilang hari ini, itu prosedur pngurusanny gmn y? Atau mngkin lngkah awal yg hrs dilakukan bgmn?? Dan apa saldo yg direkening masih ttp aman mengingat waktu kehilangan sdh cukup lma,,,terima kasih

Bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat dan coba konsultasi dengan CS nya. Mungkin nanti akan ada beberapa dokumen persayratan yang diperlukan untuk mengurusnya.

Malam ka..
Tadi pagi sya kehilangan kartu ATM tp sya sudah dtng ke kntor BCA dan sudah dpat krtu ATM baru apakah kartu ATM yg lama otomatis sudah keblokir blm kah.?

Mas bro mau tnya. Ini kn sy punya atm.tapi memakai nm adik sya. Nah kartu atm ny itu hilang apa bisa sya urus sendiri.mnta pencerhaan ny admin

Jika begitu Anda dapat langsung saja mendatangi kantor cabang terdekat dan menanyakannya langsung ke bagian Customer service. Agar nantinya dapat diberitahukan untuk detail persyaratan dan prosedur untuk mengurusnya 🙂

Kartu atm saya hilang dan sdh di ganti kartu dan pin baru , tapi pas saya coba transaki malah tdk bisa dan keluar tulisan “kartu anda tidak bisa digunakan” bisa ada yg banju jelasin ?

Halo, Andika
Biasanya Anda perlu menunggu 1×24 jam. Apabila sudah lebih dari 24 jam masih tidak bisa, silakan dapat langsung mengunjungi kantor cabang terdekat untuk menanyakan kendala yang Anda alami 🙂

Kalau atm xpresi yg ga ada buku tabungannya gimana gan? Atm saya ilang yang xpresi dan saldonya pun lumayan gan, ga bisa tidur ini mikirin duit

Terkait hal tersebut bisa langsung mengunjungi kantor cabang terdekat dan langsung menanyakannya ke bagian Custommer Service.
Karena nantinya pasti akan dibantu dan diberi arahan 🙂

Halo,
Misalkan buku tabungan hilang. Tapi kita ada foto kopi halaman depan buku tabungan itu. Apakah foto copy itu bisa dijadikan pengganti buku tabungan yg hilang dalam mengurus atm hilang?

Lalu apakah akan dibuat buku tabungan kembali?

kalo saya gabawa buku tabungan gimana ya? soalnya buku tabungan saya dirumah, sedangkan posisi saya ngekost karena kuliah jarak dari tempat saya ke rumah terbilang cukup jauh

Bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat dan coba mananyakan ke bagian Customer Service. Nantinya akan diinformasikan apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengurus atm Anda 🙂

maaf kann untuk biaya kartu baru itu dipotong dari rekening dan apa bila di atm kita tidak ada saldo gimana? apa bisa? atau akan terpotong otomatis setelah saldo nya mencukupi?

jika pada saat membuat kartu atm tanpa buku tabungan. lalu kartu atmnya hilang, apa yang akan dilakukan untuk mengganti kartu atau membuat baru?

Kak mau nanya,
Kan aku kehilangan atm bca,
Itu atm gaji, nah waktu buka rek aku gk dapet buku jdi tok cma ada atm aja, ini ngurusnya gmn ya kak??

Mas saya nabung di ATM BCA punya KK saya lalu ATM BCA nyah hilang,
Ke bank BCA nyah ajah yah langsung bawa KTP asli KK saya sama kartu keluarga
Tapi yang ke bang saya bukan KK saya karna dia sibuk kerja

Willy pake fotocopy ktp bisa kok saya pernah hilang sama dompet2nya asalkan tanda tangan harus sama dgn ktp dan buku yg hilang itu, kalo gak sama disuruh ulang sampe sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.