Kartu ATM BCA Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Apabila Anda mengalami kartu atm atau debit BCA hilang, maka Anda tidak perlu panik. Umumnya jika kehilangan kartu atm bca, kartu atm tertinggal atau tertelan di mesin ATM BCA, hal yang pertama dilakukan adalah memblokir kartu atm. Hal tersebut bertujuan untuk memblokir kases terhadap kartu atm yang hilang agar tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Cara blokir kartu ATM atau debit BCA

Walaupun pada dasarnya seseorang yang menemukan kartu ATM Anda dan ingin mencoba menggunakannya tidak bisa; itu karena mereka akan membutuhkan PIN ATM untuk dapat menggunakannya. Namun Anda tetap wajib melakukan pemblokiran kartu atm bca untuk menghindari kemungkinan terjadi. Berikut adalah cara untuk memblokir kartu atm bca:

Melalui internet banking

Apabila Anda memiliki akun internet banking rekening bca. Maka Anda bisa memblokir kartu atm melalui internet banking dengan login ke KlikBCA. Pilih menu Administrasi dan selanjutnya pilih menu Blokir Kartu ATM.

memblokir kartu atm melalui internet banking bca

Selanjutnya Anda perlu melakukan validasi seperti memasukan tanggal lahir dan PIN Internet Banking Anda.

Melalui m-Banking

Apabila Anda menggunakan m-Banking, Anda bisa memblokir kartu atm melalui fitur Blokir Kartu ATM. Silakan masuk ke m-Banking di smartphone atau hp Anda, pilih menu m-Admin, lalu pilih menu Blokir Kartu ATM.

Melalui Halo BCA

Anda juga bisa memblokir kartu atm dengan cara menghubungi langsung HALO BCA melalui nomor telepon 1500888 dengan menyampaikan permasalah yang sedang Anda alami.

Bagaimana cara mengurus kartu ATM BCA hilang?

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan Buku Tabungan dan KTP yang Anda gunakan pada saat membuat rekening tabungan Anda.

Baca Juga: Cara Terhindar Penipuan Mengatasnamakan Bank

Berikut ini adalah cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang:

  1. Siapkan Buku Tabungan dan KTP

    Silakan siapkan buku tabungan rekening BCA Anda dan KTP yang digunakan untuk membuat rekening BCA pada saat itu.

  2. Datang ke kantor cabang BCA terdekat

    Datang ke kantor cabang BCA terdekat di tempat Anda tinggal saat ini. Tidak harus ke kantor pusat.

  3. Ambil nomor antrian

    Ambil nomor antrian bagian Customer Service atau jika belum tahu bisa tanya ke security yang biasanya menunggu di pintu masuk. Mereka akan mengarahkan anda sekaligus mengambilkan nomor antrian sesuai dengan permasalahan Anda.

  4. Tunggu antrian

    Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil.

  5. Ceritakan kronologi kehilangan kartu/paspor BCA Anda

    Jika sudah sampai giliran Anda, ceritakan kepada customer service tentang permasalahan Anda. Maka customer service akan membuatkan Paspor BCA/kartu ATM yang baru.

Pada saat pembuatan ulang Paspor BCA/Kartu ATM, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 yang akan diambil dari saldo pada rekening Anda. Besarnya biaya tersebut mungkin akan berbeda untuk jenis Paspor BCA tertentu.

Begitulah langkah-langkahnya sesuai dengan pengalaman yang pernah Saya alami. Anda hanya perlu tanda tangan, memasukan pin lama dan membuat pin baru. Setelah beberapa menit kartu ATM anda sudah jadi.

Baca juga: Mengurus Kartu Mandiri Debit Yang Hilang Atau Tertelan

Bagaimana jika KTP tidak sesuai atau Buku Tabungan tidak ada?

Apabila KTP Anda tidak sesuai, atau buku tabungan hilang dan lain sebagainya. Anda bisa coba langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat dan bertanya kepada bagian cusomer service. Nantinya Anda akan mendapatkan informasi dari customer service terkait bagaimana proses pengurusannya terkait permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

138 Respon

  1. wahyu amanullah sejati berkata:

    permisi ,
    kak mau nanya kartu ATM saya udah agak lama hilang , waktu pas hilang mau saya urus tapi buku tabungan nya barusan ketemu , apakah masih bisa diurus kak? cara mengurus nya bagaimana kak?
    Terima kasih kak

  2. Alinoerdin berkata:

    Misi min kartu bca saya hilang waktu itu bikin emng gk ada buku tabunganya dari sananya tapi di hp masih pake m banking kira” klo bikin kartunya lagi syaratnya apa aja ya makasih

  3. Usman Sitorus berkata:

    Min mau nanya ATM saya kan ilang sama KTP nya cuman yg sisa foto copy KTP yg pas buat rekening dulu sama buku tabungan.dan KTP yg saya pake dulu pas ngurus itu juga blom E KTP apakah bisa di urus min

    • Masgani berkata:

      Bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungannya juga. Nanti akan diarahkan oleh CS nya terkait prosedurnya. Yang terpenting blokir terlebih dahulu kartu/debit bca nya.

  4. Bagas berkata:

    Saya kehikangan krtu atm bca saya tapi buku tabungan ada di kota asal saya. Apakah bisa diurus ya min?

  5. putri berkata:

    Hallo kak saya mau tanya.
    Sabtu kemarin kan dompet KTP dan ATM saya hilang, pas hari ini saya urus ke CS saya lupa bilang kalo KTP juga hilang karena KTP saya juga sudah jadi pas saya urus ATM nya. Apakah tidak mempengaruhi yg menemukan dompet saya dijalan karena takut disalahgunakan karena ada nomer rekening di blkg kartu nya

    • Masgani berkata:

      Setau saya di belakang kartu umumnya adalah nomor kartu, bukan nomor rekening. Jika sudah diganti dengan kartu baru, maka nomor kartunya juga baru dan yang lama sudah tidak berlaku, kartu juga sudah diblokir oleh bank apabila sudah diganti. Namun jika masih ragu bisa langsung konfirmasi kembali ke bank.

  6. Zakaria ahmad berkata:

    Bang saya kan mau ngurus kehilangan atm bca, kalo sudah diterbitkan yang baru apakah saldo nya masih sama seperti saat belum hilang?

  7. Madon berkata:

    Min mau tanya nih. apabila kita nggk melampirkan surat keterangan kehilangan apakah bisa di proses?

  8. Heh berkata:

    Min kalo ngurus kartu atm hilang menggunakn passport bisa ?

  9. Fandi berkata:

    Min kartu saya hilang dan nomor angka debit juga saya lupa, itu gimana min?

    • Iman Ginting berkata:

      Mas mau tanya donk,,
      Kartu ATM saya hilang, tapi saya ga punya buku tabungannya
      Apakah bisa untuk diganti dengan yang batu lagi tanpa buku tabungan?

      • Masgani berkata:

        Buku tabungan salah satu syarat nya. Namun tidak ada salahnya datang ke kantor cabang terdekat dan menanyakan terkait permasalahan yg dialami.

      • Zakaria ahmad berkata:

        Bang saya kan mau ngurus kehilangan atm bca, kalo sudah diterbitkan yang baru apakah saldo nya masih sama seperti saat belum hilang?s

  10. ikhsan berkata:

    Minn atm saya ke telen truss buku tabungan di kampung halaman tapi ada foto buku tabungan apa bisa di benarkan

  11. Rikki Nugraha berkata:

    Min maaf mau tanya kartu ATM BCA saya kan ilang apakah bisa ganti kartu tetapi dengan norekening yang sama tanpa ganti norekening lain min?? Dan semisal nya apakah bisa tarik uang dengan buku tabungan tanpa kartu min??

    • Masgani berkata:

      Halo Rikki,
      Bisa, karena ketika ganti kartu itu hanya kartunya saja yang diganti. Nomor rekening tetap sama seperti yang lama.
      Terkait apakah bisa tarik uang dengan buku tabungan, itu bisa banget 🙂

  12. Balee berkata:

    Min mau Tanya ? Kalau kartu ATM nyaa hilang trus sudah di tarik dananya apakah dananya bisaa kembali seperti semulaa atau tidak

  13. Yati berkata:

    Min mau Tanya dong klo kartu ATM ilang mesti lapor kehilangan ke kantor polisi gak yah? Soalnya bank B*I klo kehilangan kartu nya hrs adaketerangan kehilangan dr kepolisian. Mohon dijawab yah min trimakasih

  14. rifaldi berkata:

    ketika sudah melakukan cetak ulang kartu atm yang hilang, apakah kartu atam yang hilang tersebut masih ada kemungkinan bisa digunakan oleh orang lain? meskipun beda atau pin yang sama?

  15. Adelia melly a. berkata:

    Kalau membawa fotocopy ktp dan buku tabungan nya saja bisa? Ktp yg asli sudah patah.

  16. Nando berkata:

    Saya hilang kartu bca bersamaan dengan ktp nya dan kartu yang lain tapi kalau buku tabungan nya masih ada terus gimana mengurus nya kalau ktp nya juga ikut ilang mohon bantuan nya

  17. Ima berkata:

    Noreknya ttp yg lama apa baru?

  18. Ulfa berkata:

    Assalamuaallaikum
    Min kalau semisal rekening sama buku tabungannya hilang kalau ngurus lagi nanti uang yang ada di atm dulu itu hilang apa masih disitu?

  19. Excel berkata:

    Mau tanya min. Kartu atm kalo sudah ganti baru gara2 ketelen. No kartu atm yg 16digit itu sama yg lama apa ganti baru.

  20. Iskandar berkata:

    Bagai mnh jika kartu kita hilang n buku tabungan juga hilang apa saja yg arus di bawa cuma no rek kita hapal harus bagai mnh yg saya lakukan jika saya datang ke BCA apa saya arus ke cabang pertama saya bikin apa cabang terdekat yg saya lakukan

  21. Yuniar berkata:

    Kartu atm saya hilang tapi atas nama ayah saya skrng ayah saya d luar kota bagaimna cara mengurusnya? Buku tabungan ada di rumah

  22. Anton wijaya berkata:

    Apa bisa ngurus atm saudara yang hilang , karena saudara kerja di luar negeri dan buku tabungannya tidak ada … trima kasih ..

  23. Viki berkata:

    Kalo KTP hilang gmna? Apa bisa bawa fotocopy KTP nya?

  24. Feri berkata:

    Halo.min ATM expresi sya hilang sma Ktp nya,gimna min klo mau buat yang baru apa aja persyaratannya? Terimakasih ?

  25. eko berkata:

    Min waktu itu saya buat atm sama ayah saya nih ber2 saya tinggal bentar kekamar trus dia udh diluar yaudh saya ajak pulang bsknya saya tanya atm sama bukunya mana dia bilang emng bikin atm ya

  26. DANNIEL DJIE berkata:

    Kak tanya donk.. saya pakai BCA XPRESI… Kan ga ada buku tabungannya… Kalau mau urus ATM ilang atau tertelan bagaimana donk?

  27. Eka berkata:

    Kalo saldo kosong, terus kartu hilang gimana caranya buat ATM yg baru? Kan dipotong dari saldo

  28. Pius berkata:

    Bagaimana kalo atm expresi yabg tanpa buku tabungan trus atm nya hilang cara ngurusnya seperti apa

  29. Irwansyah berkata:

    Dompet saya hilang d dalam nya ktp dan atm kalo mau d ganti atm nya bisa sedangkan ktp saya kn ilang

  30. Rahma berkata:

    Willy pake fotocopy ktp bisa kok saya pernah hilang sama dompet2nya asalkan tanda tangan harus sama dgn ktp dan buku yg hilang itu, kalo gak sama disuruh ulang sampe sama

  31. Hambali berkata:

    Mas saya nabung di ATM BCA punya KK saya lalu ATM BCA nyah hilang,
    Ke bank BCA nyah ajah yah langsung bawa KTP asli KK saya sama kartu keluarga
    Tapi yang ke bang saya bukan KK saya karna dia sibuk kerja

  32. Ayu berkata:

    Kak mau nanya,
    Kan aku kehilangan atm bca,
    Itu atm gaji, nah waktu buka rek aku gk dapet buku jdi tok cma ada atm aja, ini ngurusnya gmn ya kak??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.