Jumlah Subscriber YouTube Berkurang Drastis

Berkurangnya jumlah subscriber channel YouTube adalah suatu hal yang wajar dan sangat umum. Karena beberapa orang, suatu saat akan merasa bosan atau tidak ingin lagi mengikuti channel yang sedang diikutinya.

Namun bagaimana jika saat ini jumlah subscriber tiba-tiba berkurang sangat drastis? Berikut penjelasannya.

Baru-baru ini, YouTbue telah melakukan pembersihan terhadap akun-akun spam. Sehingga channel yang sebagian atau beberapa subscribernya adalah akun spam atau akun yang tidak aktif akan dihapus oleh youtube. Sehingga akan menyebabkan jumlah subscriber berkurang. Anda akan melihat pemberitahuan di YouTube Studio jika terkena dampaknya.

Jadi apabila channel Anda terkena dampaknya, artinya ada beberapa subscriber channel Anda merupakan akun spam.

Terkait informasi ini juga sudah diposting di YouTube Help Forum. Di forum tersebut dijelaskan bahwa pada 13-14 Desember 2018 Anda mungkin melihat penurunan nyata dalam jumlah subscriber Anda karena kami menghapus langganan spam dari saluran Anda. Kami secara rutin memverifikasi keabsahan akun dan tindakan di saluran YouTube Anda. Kami baru-baru ini mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang menyebabkan beberapa spam tidak dihapus.

Informasi lebih lanjut terkait hal ini dapat Anda baca langsung di YouTube Help Forum dan halaman bantuan Jumlah subscriber berubah atau berkurang.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.