Hal Konyol Yang Dikaitkan Dengan Isu Pemblokiran Facebook

Berkaitan dengan adanya isu pemblokiran Facebook di Indonesia, beberapa hari ini sering muncul postingan di Facebook yang memberikan informasi dan berita hoax.

Salah satu post yang beberapa hari ini sedang viral yaitu: Silakan tulis kode @[4:0] di kolom komentar, jika muncul nama Mark Zuckerberg, berarti akun facebook aman dan tidak akan diblokir.

Apakah hal tersebut benar? Tentu saja tidak 🙂

Bagi pengguna yang awam, mereka pasti akan melakukannya dan percaya saja dengan informasi tersebut. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidak lah benar. Informasi tersebut hanya keisengan seseorang yang ingin membuat postingan menjadi viral dengan menyebarkan berita Hoax.

Tahukah Anda?

Kode tersebut hanyalah sebuah shortcode atau tag. Anda juga dapat menampilkan nama Anda sendiri dengan menggunakan kode seperti itu.

Contoh: @[100000773450516:0]

Jika kode pada contoh tersebut dituliskan di kolom komentar, maka akan otomatis berubah menjadi nama profil facebook saya. Ini sama halnya jika Anda menuliskan kode @[4:0] maka akan muncul nama Mark Zuckerberg.

Angka 4 yang ada di kode @[4:0] adalah id pengguna facebook. Anda juga dapat membuatnya dengan mengganti angka 4 dengan id pengguna facebook milik Anda.

Penggunaan kode @[4:0] yang saat ini sedang viral juga sama dengan informasi atau berita beberapa hari sebelumnya tentang penggunaan kata BFF yang menjelaskan bahwa jika menuliskan kata BBF akan berubah menjadi warna hijau, maka akun facebook aman dan tidak bisa ter-hack. Ini sama sekali tidak benar alias hoax!

Penggunaan kata BBF sama dengan jika Anda menuliskan selamat, Congrats, Congratulations, bff, bffs, Best wishes, You’re the best dan masih banyak lainnya. Jika di smartphone Anda tidak berhasil, itu berarti aplikasi facebook yang Anda gunakan bukan aplikasi yang terbaru.

Jadi intinya, informasi hal yang semacam itu yang saat ini sedang banyak bertebaran di beranda facebook adalah informasi yang tidak benar alias hoax. Jangan mudah terpengaruh dan percaya dengan informasi semacam itu.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.