Cara Klaim Garansi GoPro, Proses Cepat dan Mudah Banget!

Bagi penggemar action cam atau yang sering mengabadikan momen dan traveling menggunakan action cam atau sejenisnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan GoPro. GoPro adalah salah satu brand action cam yang sangat populer dan banyak digunakan karena kehandalannya. GoPro juga memberikan kemudahan bagi penggunaya untuk melakukan klaim garansi apabila terjadi kerusakan pada action cam atau kamera GoPro.

Pada postingan kali ini, Saya akan membahas tentang bagaimana cara klaim garansi GoPro. Jadi untuk kalian yang sedang mengalami masalah pada action cam gopro dan ingin klaim garansi, silakan simak tutorial di bawah ini.

Note: sebelum menghubungi support gopro, ada baiknya apabila kalian mencari panduan terkait masalah yang sedang terjadi melalui artikel bantuan yang telah disedikan oleh gopro di halaman Help Articles.

Cara klaim garansi GoPro

Menghubungi customer service gopro untuk permintaan klaim garansi.

  1. Akses halaman Contact Us

    Silakan akses halaman kontak melalui link https://gopro.com/help/ContactUs dan pastikan kalian menghubungi pihak gopro di jam kerja sesuai yang diinfokan pada halaman tersebut. Karena zona waktu yang berbeda

  2. Isi Form Contact Us

    Silakan isi form Contact Us yang telah disediakan. Pilih opsi Product Support dan Produk yang akan klaian klaim garansinya. Seperti contoh berikut:
    kontak support gopro
    Pada bagian kolom Serial silakan dilanjut dengan kode seri milik kalian. Bisa dicek di bagian dalam tempat battery gopro.

  3. Klik Contat Us

    Setelah mengisi form contact us, selanjutnya klik tombol Contact Us.

  4. Klik Start Chat

    Setelah klik tombol Contact Us, maka akan muncul2 pilihan tombol yaitu Start Chat dan Request Call. Kalian juga bisa memilih request call apabila ingin menghubungi melalui telepon. Jika ingin melalui live chat, silakan klik tombol Start Chat.
    Untuk proses klaim garansi, akan lebih mudah menggunakan live chat, karena nantinya mereka akan mengirimkan beberapa link untuk prosesnya.
    livechat gopro
    Setelah klik tombol start chat, kalian akan dialihkan ke tab halaman baru yang nantinya menampilkan halaman live chat. Biasanya perlu menunggu beberapa saat.

  5. Jelaskan masalahnya

    Setelah halaman livechat terbuka dan sudah bisa melakukan percakapan. Silakan langsung jelaskan permasalahan kalian. Selanjutnya silakan ikuti arahan dari customer service gopro.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan CS gopro memproses klaim. Maka mereka akan mengirimkan email ke email kalian dan di email tersebut nantinya akan berisi tata cara proses klaim garansi.

Pada email yang dikirim mereka, umumnya akan ada 3 file lampiran yang perlu kalian print yaitu:

  1. Shipping Label: digunakan untuk label pengiriman yang nantinya perlu ditempel pada bagian luar paket yang akan kalian kembalikan ke pihak gopro.
  2. RMA-Product: berisi informasi produk gopro yang perlu Anda kirimkan pada paket tersebut. Biasanya mereka hanya meminta dikirimkan kamera nya saja tanpa aksesoris.
  3. Commercial Invoice: diperlukan untuk ditempelkan di luar paket sama seperti shipping label. Ini diperlukan untuk proses pengirman ke luar negeri.

Note: Biasanya pihak kurir akan meminta copy nya masing-masing 1 lembar. Jadi pastikan untuk print masing-masing 2 lembar.

Selanjutnya silakan siapkan paket untuk kirim action cam kalian. Untuk kurir pengiriman yang GoPro pakai yaitu UPS seperti yang ada pada shipping label. Jika paket sudah siap, kalian bisa minta kurir untuk menjemput paket kalian melalui website nya https://wwwapps.ups.com/pickup/schedule atau kalian bisa datang langsung ke kurir UPS terdekat di lokasi kalian.

Semua biaya pengiriman gratis ditanggung oleh GoPro, jadi kita hanya perlu menyerahkan paketnya ke pihak kurir.

Berapa lama prosesnya?

Proses klaim garansi dari mulai mengembalikan produk sampai menerima produk penggantinya biasanya akan memerlukan waktu sampai 2 minggu. Namun dari pengalaman Saya, proses nya tidak sampai 2 minggu.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.