Categories
Produk Google

Hapus URL Secara Permanen di Google

Ada saatnya suatu konten halaman di website tidak ingin ditampilkan lagi pada hasil pencarian di google dan ingin hapus url secara permanen di google. Misal dengan alasan konten sudah tidak digunakan lagi atau konten tersebut sudah tidak berpengaruh serta dengan alasan lainnya.

Sebelumnya saya juga telah membahas cara menghapus url melalui fitur penghapusan yang ada di google search console. Pada bahasan kali ini, saya akan membahas tentang cara hapus url secara permanen di Google.

Cara Hapus URL Secara Permanen di Google

Pada dasarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan cara penghapusan url yang telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Hanya saja ada sedikit langkah yang perlu diterapkan sebelum mengirimkan permintaan penghapusan url melalui Google Search Console.

Ada 3 pilihan cara yang dapat digunakan agar url dihapus secara permanen oleh google.

1. Merubah Meta Robots

Merubah meta robots menjadi noindex. Caranya yaitu dengan menambahkan meta tag seperti berikut:

<meta name="robots" content="noindex">

Silakan tambahkan meta tag tersebut pada konten yang tidak ingin di-index lagi. Pastikan letakan sebelum tag </head> pada template Anda dan pastikan hanya untuk konten yang tidak ingin di-index saja.

Meta tag di atas akan memerintahkan semua mesin penelusuran untuk tidak meng-index konten yang memiliki meta tag tersebut. Misal Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lainnya.

Namun jika hanya ingin tidak di-index oleh Google, maka bisa menggunakan meta tag berikut:

<meta name="googlebot" content="noindex">

Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa dengan mudah mengaturnya dengan bantuan plugin Meta Tag Manager. Jadi apabila tidak familiar dengan penerapan kode pada dokumen html, silakan bisa menggunakan plugin tersebut.

2. Mengalihkan URL ke Halaman 404

Anda bisa mengalihkan url ke halaman 404. Jadi pada saat url diakses akan mengarah ke halaman 404 page not found.

Dengan begitu Google atau mesin penelusuran lainnya akan menganggap url halaman yang dituju tidak ada atau sudah dihapus walaupun sebenarnya postingan atau halaman masih tetap ada di website Anda.

Jika suatu saat erubah pikiran dan ingin halamannya ter-index kembali, Anda bisa langsung mengembalikannya seperti semula dan akan ter-index ulang.

3. Menghapus Postingan atau Halaman itu Sendiri

Cara ini bisa digunakan apabila memang benar-benar menghapus postingan atau halamannya.

Setelah dihapus, pastinya saat url diakses akan dialihkan ke halaman 404. Sehingga google akan menganggap halaman sudah tidak ada.

Setelah menerapkan salah satu pilihan di atas, langkah selanjutnya yaitu mengirimkan permintaan penghapusaan melalui fitur yang telah disediakan oleh Google Searach Console. Untuk caranya silakan bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dibahas pada tulisan sebelumnya yaitu Fitur Penghapusan di Google Search Console.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.