Google Adsense: Link Ads dihentikan, Apa yang Terjadi?

link ads dihentikan, apa y terjadi?

Bagi para publisher Google Adsense, mungkin sudah tidak asing lagi dengan link ads. Seperti yang kita ketahui selama ini, iklan dengan format link ads (iklan tautan) adalah salah satu format iklan yang memiliki penghasilan terbesar. Oleh karena itu banyak publisher yang menggunakan format iklan ini. Namun sayangnya, baru-baru ini Google Adsense mulai mengumumkan dan memberikan reminder kepada publisher nya. Bahwa format link ads ini akan segera dihentikan mulai 10 Maret 2021, seperti yang telah diinformasikan pada email reminder.

Adanya perubahan ini mungkin membuat para publisher kecewa, karena dari beberapa sumber; link ads adalah salah satu penyumbang penghasilan terbanyak.

Dengan perubahan tersebut, bukan berarti akan membuat pendapatan adsense Anda akan menurun atau hilang. Google Adsense berharap dengan adanya perubahan ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik dan tetap memperhatikan pada performa iklan,

Apa yang terjadi jika link ads dihentikan?

Jika perubahan link ads google adsense mulai diterapkan, maka situs web yang telah menggunakan format iklan tersebut tidak akan menampilkan format link ads lagi. Berikut beberapa hal yang diinformasikan terkait perubahan tersebut:

  • Tidak bisa membuat unit iklan tautan
  • Unit iklan tautan Anda akan diganti namanya dengan [unit iklan tautan sebelumnya] ditambahkan di akhir nama unit iklan. Ini akan berlaku untuk unit iklan tautan responsif dan fixed-size.
  • Iklan tautan responsif akan mulai menayangkan unit iklan bergambar di situs Anda.
  • Iklan link ukuran tetap akan berhenti ditayangkan di situs Anda. Kami akan menciutkan setiap unit iklan jika memungkinkan. Dalam kasus lain, kami akan menampilkan iklan kosong.

Apa yang perlu kita lakukan?

Kita tidak perlu melakukan perubahan apapun apabila iklan tautan yang ditampilkan pada situs web kita adalah iklan tautan responsive. Karena setelah perubahan ditetapkan, iklan tersebut secara otomatis akan berubah menjadi iklan bergambar (Display ads).

Namun jika Anda menggunakan iklan tautan dengan ukuran tetap( fixed-size) maka Anda perlu menghapus format iklan tersebut dari situs web Anda atau merubahnya dengan format iklan lain misalnya display ads.

Format Iklan yang direkomendasikan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang diinformasikan oleh Google Adsense untuk format iklan yang lebih baik:

Iklan Otomatis (Auto Ads)

Anda dapat mengizinkan iklan Otomatis memindai situs Anda dan secara otomatis menempatkan iklan di tempat yang kemungkinan besar berperforma baik. Pelajari lebih lanjut cara memulai iklan Otomatis.

Iklan Bergambar (Display Ads)

Iklan bergambar berfungsi dengan baik di mana pun di situs Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara membuat unit iklan bergambar.

Iklan Dalam Artikel (In-article Ads)

Untuk pengalaman iklan yang disesuaikan, Anda dapat mencoba iklan bawaan. Pelajari lebih lanjut tentang cara membuat unit iklan bawaan.

Iklan Konten yang Sesuai (Matched Content)

Jika situs Anda memenuhi syarat untuk Konten yang sesuai, Anda dapat mengganti unit iklan tautan dengan unit iklan Konten yang sesuai yang dapat disesuaikan. Pelajari lebih lanjut tentang menyesuaikan Konten yang sesuai.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Anda juga bisa langsung bertanya melalui halaman kontak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.