Copyright Match Fitur Baru YouTube

Beberapa hari yang lalu, YouTube telah meluncurkan fitur barunya yaitu Copyright Match. Copyright Match adalah fitur yang berguna untuk menemukan kecocokan antara video asli dengan video yang diupload ulang di channel YouTube lain, atau bahasa yang lebih dikenal adalah re-upload.

Adanya fitur ini tentu akan membuat para creator YouTube lebih merasa aman karena konten yang mereka buat tidak akan diupload ulang oleh channel yang biasa melakukan upload ulang. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pembuat konten pertama.

Dengan fitur ini, maka para pencuri konten atau channel re-upload akan sulit untuk menayangkan video yang dibuat oleh creator lain demi keuntungan pribadi. Karena setiap video yang mereka upload pasti akan terdeteksi oleh copyright match.

Bagaimana cara kerja fitur Copyright Match?

Berikut cara kerjanya: ketika Anda mengupload video asli, YouTube akan mulai memindai semua video yang diupload setelah video Anda, untuk mengetahui apakah ada video yang cocok dengan video Anda. Pastikan bahwa Anda menjadi orang pertama yang mengupload konten ke YouTube sebagai video publik. Itu sangat penting, karena YouTube menggunakan waktu upload video untuk memutuskan siapa yang berhak melihat hasil kecocokan. Pastikan untuk memeriksa secara rutin hasil pencocokan baru yang ditemukan.

Baca jugaPerubahan Persyaratan Monetisasi YouTube Terbaru 2018

Namun fitur ini tidak tampil di semua creator studio milik pengguna. Hanya pengguna yang memenuhi persyaratan saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Informasi lebih lanjut, silakan dapat langsung Anda baca di situs web bantuan YouTube melalui tautan berikut: Copyright Match Tool

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.