Cara Merubah Password WordPress Melalui phpMyAdmin

Cara merubah password admin wordpress dapat dilakukan langsung melalui database menggunakan phpMyAdmin. Merubah password wordpress melalui database biasanya dilakukan apabila Anda lupa password login admin dan tidak bisa melakukan reset melalui fitur reset password wordpress yang dikirim ke email.

Apabila saat ini Anda sedang mengalami hal semacam itu, maka Anda dapat melakukan reset password wordpress dengan cara yang akan saya jelaskan di postingan ini.

Cara Merubah Password WordPress melalui phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah administrator tool untuk database yang paling banyak digunakan di layanan hosting. Oleh karena itu, pada panduan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merubah/reset password wordpress melalui database menggunakan phpMyAdmin. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah-langkah untuk merubah/reset password melalui phpMyAdmin

  1. Masuk ke phpMyAdmin

    Silakan masuk terlebih dahulu ke phpMyAdmin.

  2. Pilih database

    Pilih database yang digunakan pada website wordpress Anda.

  3. Klik tabel users

    Pilih tabel users, secara default tabel user akan memiliki nama prefix tabel yaitu wp_ maka nama lengkap tabelnya adalah wp_users. Namun di beberapa layanan hosting yang menyediakan fitur auto install wordpress biasanya akan merubah nama prefix tabel nya secara acak. Atau mungkin pada saat menginstall wordpress memasukan nama prefix tabel yang berbeda. Intinya nama tabel nya akan memiliki nama dengan akhiran users.
    Seperti pada contoh database yang Saya gunakan ini, saya memiliki nama tabel dengan prefix wp04_ jadi nama tabel user wordpress nya adalah wp04_users.
    tabel users wordpress

  4. Klik Edit

    Klik menu edit yang ada pada list user yang akan Anda edit. Seperti contoh berikut:
    edit user wordpress

  5. Ubah Password

    Setelah menampilkan halaman edit user, seilakan masukan password yang Anda inginkan pada baris(row) user_pass di bagian kolom(column) value. Jangan lupa pada baris yang sama di kolom function silakan pilih opsi MD5. Seperi contoh berikut:
    edit user password wordpress
    Selanjutnya klik tombol Go untuk menyimpan perubahan passwordnya.

Setelah berhasil melakukan langkah-langkahmerubah/reset password melalui phpMyAdmin. Maka Anda sudah bisa login ke dashboard wordpress menggunakan password yang telah Anda buat.

Selamat mencoba! 🙂

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.