Cara Berhenti Langganan IndiHome untuk Sementara atau Selamanya

Cara berhenti langganan IndiHome sebenarnya dapat dlakukan dengan mudah. Namun terkadang beberapa persyaratan yang menyebabkan seseorang menjadi merasa dipersulit. Hal ini biasanya berkaitan dengan perjanjian kontrak langganan layanan indihome.

Pada kesempatan kali ini, masgani.com akan membahas bagaimana cara berhenti berlangganan indihome untuk sementara waktu atau selamanya(permanent). Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang ingin berhenti langganan layanan indihome, yang tentunya setiap orang berbeda-beda.

Berhenti langganan sementara/isolir

Pihak IndiHome juga dapat memenuhi permintaan apabila pelanggannya ingin berhenti langganan sementara atau isolir. Hal ini biasanya dilakukan apabila pelanggan yang dalam sementara waktu tidak menggunakan layanan internet dari indihome dan ingin berhenti sementara waktu agar tidak melakukan pembayaran bulanan internet. Karena pada dasarnya ketika berlangganan layanan internet IndiHome dan tidak digunakan, maka pelanggan akan tetap dikenakan biaya langganan setiap bulannya.

Berdasarkan pengalaman Saya sendiri, Saya juga pernah mengajukan permintaan untuk berhenti langganan sementara atau isolir. Saya mengajukannya karena di lokasi tempat tinggal Saya saat ini belum terdapat ODP di sekitar yang aktif. Sehingga pada saat itu Saya tidak dapat melanjutkan proses pindah alamat karena jaringan belum tersedia. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk isolir sementara agar tidak dikenakan biaya bulanan berlangganan internet.

Namun selama masa isolir, pelanggan akan dikenakan biaya isolir yaitu Rp 25.000 + PPN 11% = Rp. 27.750. Jadi daripada harus bayar bulanan internet yang sekitar 300.000 Saya lebih memilih membayar biaya isolir saja πŸ˜€

Lalu bagaimana cara mengajukan isolir layanan indihome? Pelanggan dapat mengajukan permintaan isolir melalui beberapa cara berikut:

  • Telpon ke 147,
  • Datang ke Plaza Telkom terdekat,
  • Melalui layanan live chat Facebook di akun facebook https://web.facebook.com/IndiHomeCare/,
  • Melalui twitter @IndiHomeCare, dan
  • Melalui email customercare@telkom.co.id.

Dari beberapa cara di atas, saya lebih memilih atau merekomendasikan melalui Twitter dan Email. Mengapa? karena prosesnya lebih cepat dan pesan disampaikan dengan jelas. Jika melalui telepon artinya pelanggan perlu menyiapkan pulsa dan tentunya tidak sedikit karena nantinya juga perlu verifikasi yang membutuhkan waktu. Lalu bagaimana jika melalui live chat di facebook? Menurut saya pribadi melalui live chat di facebook pesan tidak tersampaikan dengan jelas, terkadang perlu mengulang ulang penjelasan kepada CS.

Jadi Saya lebih memilih menggunakan email, dengan menghubungi customercare@telkom.co.id dengan menyertakan detail akun. Dalam beberapa menit email akan dibalas oleh CS dan akan melakukan verifikasi data. Selanjutnya kita hanya perlu mengikuti saran dan persyaratan yang perlu disiapkan.

Note: Permintaan isolir hanya dapat dilakukan maksimal 3 bulan. Setelah 3 bulan maka layanan akan aktif kembali. Pelanggan hanya diperbolehkan mengajukan isolir maksimal 2 kali dalam 1 tahun.

Berhenti langganan permanen/selamanya

Pelanggan IndiHome dapat mengajukan permintaan berhenti berlangganan. Namun hal tersebut tentu harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah di tentukan pada perjanjian kontrak atau yang telah diinformasikan di halaman website resmi https://indihome.co.id/syarat-ketentuan yang mengatur tentang Kontrak Berlangganan dan Ketentuan Tambahan Kontrak Berlangganan.

Ketentuan yang biasanya membuat pelanggan keberatan saat akan berhenti berlangganan yaitu karena adanya denda 1.000.000 apabila pelanggan berhenti sebelum kontrak langganan lebih dari 12 bulan. Namun sebenarnya ketentuan tersebut sudah diatur sebelum pelanggan berlangganan layanan dan sudah berlangganan, artinya pelanggan setuju dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur.

Untuk mengjukan permintaan berhenti berlangganan layanan indihome juga dapat dilakukan melalui Email atau datang langsung ke Plaza Telkom terdekat.

Apakah dikenakan biaya berhenti langganan?

Pelanggan yang akan berhenti belangganan akan dikenanan biaya berupa Uang Titipan atau uang tagihan tersisa selama akan berhenti berlangganan. Karena sistem pembayaran IndiHome yaitu pascabayar, maka biaya penggunaan bulan saat ini akan dikenakan pada bulan berikutnya. Maka dari itu pada saat akan berhenti berlangganan perlu melunasi sisa tagihan yang berjalan.

Apakah uang jaminan pemasangan awal dikembalikan?

Berdasarkan pengalaman saya saat berhenti langganan Indihome yaitu pada bulan Juni 2022, bahwa uang jaminan pemasangan awal akan dikembalikan ke rekening pelanggan.

Bagaimana jika tidak membayar denda 1.000.000?

Dari informasi yang terkahir Saya dapat. Jika pelanggan berhenti berlangganan layanan sebelum 12 bulan dan tidak membayar denda sebesar Rp. 1.000.000, maka akun pelanggan akan di-blacklist dan tidak bisa mendaftarkan layanan kembali di kemudian hari.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :).

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

54 Respon

  1. Andika berkata:

    Mas ,mau tanya ..
    Ini kan saya 1 bulan lagi udah 1 tahun ,tpi mau berhenti permanen ..
    Misal ngajuin isolir dulu buat 1-2 bulan dulu terus bulan ketiganya ngajuin berhenti permanen gitu bisa gak ya?? atau ttep harus bayar denda 1jt??

  2. Cumispicy berkata:

    Mas, kalo sudah berhenti berlangganan permanen terus mau diaktifkan kembali bisa ga?

  3. Puja berkata:

    Mau nanya nih mas, bulan ini saya blm bayar, dikarenakan 1 bulan tidak dipakai. Dan otomatis kan internet off, apakah bulan depan kita dapat tagihan 2 kali.

  4. Adinda berkata:

    Ka izin nanya, saat ini layanan indihome sy sedang di isolir krn gak ada dirumah, pergi keluar kota untuk beberapa bln. Dan untun tagihan bulan ini sdh dibayar, krn termasuk sudah sya pakai juga. Diterangkan oleh cs nya bulan depan pun syaa tetap bayar seperti harga biasanya katanya sih penyesuaian baru msk bln des bayar +- 28rb. Pertanyaannya, kalo saya tdk bayar bulan depan apakah ttp dikenakan denda atau ada masalah hukum atau cuma diblacklist saja? Soalnya kalo dipikir pikir saya tidak memakai layanan nya sama sekali dri mulai diisolir tgl 19okt sampe sekarang knp sya hrus byr sedangkan menggunakan sja tidak, bahkan jaringannya pun sdh dinonaktifkan. Mohon jawabannya ya ka

  5. Masgani berkata:

    Walaupun tidak dipakai, tagihan akan tetap berjalan. Jadi jika memang ada niat tidak dipakai untuk sementara waktu lebih baik lakukan isolir.

    • Puja berkata:

      Mau nanya nih mas, bulan ini saya blm bayar, dikarenakan 1 bulan tidak dipakai. Dan otomatis kan internet off, apakah bulan depan kita dapat tagihan 2 kali.

  6. Alvi berkata:

    Bang mo nanya ini kan saya baru aja isolir/berhenti langganan sementara nah tapi ini wifi ttp jalan bang aneh itu gimana tuh ,,nah kao masalah bayar 27k itu gimana perbulan?? Atau gimana ,,dan kao di isolir wifi nya ttp jalan kah?masjh bisa di pake?

  7. kaka berkata:

    blm berhenti sblm 1 tahun dan tidak lapor ,apa cuma
    blacklist saja ,BI checking ga ?

  8. wiwit berkata:

    saya mau isolir saya drtd nlp cs lambat banget para ngabisin pls doank

  9. Okta berkata:

    Jika mengajukan pemberhentian permanen dan tidak membayar tagihan akan diblacklist, dan jika saya pasang ulang memakai KTP lain dengan alamat tetap apakah msh bisa untuk pemakaian kembali?

  10. Arlisa berkata:

    Mas isolir kehitung berlangganan ga ya
    Kan aku langganan indihome januari 2022 terus pertengahan udah isolir 2 kali terus sekarang mau tak putus gitu bulan maret 2023 rencana, kalau dihitungkan udah lebih 1 tahun, tapi aku udah isolir 2 kali itu terhitung ga ya mas

  11. Feby berkata:

    mas lamanya pengajuan isolir itu berapa lama ya?

  12. tiara berkata:

    Mas mau nanya, awal saya pasang indihome udh nanya langsung ke karyawan indihome ny ttg isolir sementara, katanya bisa. Sekarang saya mau isolir katanya udh nggak bisa mas, karna ada aturan baru harus 1 tahun langganan dulu. Itu gimana ya mas? Soalnya saya anak kos dan merasa keberatan kalau harus bayar wifi padahal nggak kepake

    • Masgani berkata:

      Pengalaman saya isolir tidak harus nunggu 1 taun berlangganan. Kecuali jika niatnya berhenti langganan, maka perlu langganan minimal 1 tahun.

  13. felix berkata:

    Saya pelanggan lama indihome. sudah cek ke 147 nama saya tidak di blacklist. namun kata sales nya, nama saya tidak bisa dipakai lagi untuk daftar. knpa ya?

    • Masgani berkata:

      Kalau daftar melalui sales biasanya memang diarahkan untuk membuat akun baru. Kalau sudah punya akunnya, lebih baik login melalui aplikasi myindihome lalu daftar internet melalui aplikasi tersebut.

  14. Misjan nurbudiman berkata:

    Mau tanya mas..
    Saya pasang awal kan desember 2021..jadi pas banget desember Bulan 2022 genap 1 tahun berlangganan..
    Biar data saya aman..dan terhindar denda 1 juta..bulan nov sd desember 2022 saya ada rencana mau isolir kemudian saya ajuin berhenti full itu bisa ga ya?

    • Masgani berkata:

      Bisa, jika setelah selesai isolir masa langganan kita sudah genap 1 tahun atau lebih, maka tidak masalah jika ingin berhenti langganan dan tidak dikenakan denda. Karena pengealaman saya sendiri juga seperti itu.

  15. fitri berkata:

    maaf mau tanya, jika kita telat beberapa hari bayar wifi indihome & tidak ingin berlangganan lagi apakah tagihan tiap bulan tetap dibayar tanpa pemberitahuan dikantornya??

  16. Key berkata:

    Mas gan, kalau saya langsung berhenti layanan indihome tanpa kasi kabar ke pihak telkom, dan tidak bayar denda 1jt nya itu gi mana,

    • Masgani berkata:

      Tetap harus lapor ke pihak Indihome terkait permintaan berhenti langganan. Karena jika tidak tagihan bulanan akan tetap berjalan.

      • Key berkata:

        Jadi mas gan, nnti kan tanggal 20 jatuh tempo pembayaran bulan skrng 20 September 2022, klau pada hari itu juga saya minta pemutusan/pemberhentian, sy harus bayar dlu gak mas tagihan itu.?
        Dan jika tidak membayar bagaimana.?

      • Masgani berkata:

        Ya, tetap harus bayar. Karena tagihan yang dibayarkan bulan ini adalah tagihan untuk pembayaran bulan sebelumnya.

  17. ismah Harrusaty berkata:

    saya lupa dulu bayar uang deposit engga karena sudah lama sekali langganan Indihome, kalau mau tau soal deposit ini tanya dimana mas sueun

  18. Om Suwi berkata:

    Mas, saya dapat penawaran dari CBN lumayan tertarik untuk beralih . Sejak 2017 saya pakai indihome dan jika saya putus langganan lalu ganti CBN misal, lalu kemudian hari misal, saya ingin balikan ke indihome lagi bagaimana ya mas. Apakah ada pengalaman putus nyambung seperti itu ?
    Apakah saya gak bisa balik langganan lagi di blacklist mungkin ? Isolir sementara 3 bulan kurang lama menurut saya, harusnya 6bln / 1 tahun begitu

    • Masgani berkata:

      Kalau sudah langganan lebih dari 1 tahun tidak masalah. Di blacklist itu jika berhenti langganan kurang dari 1 tahun dan tidak membayar denda. Jadi menurut saya misal sudah tidak langganan dan ingin langganan lagi tidak masalah, selama tidak melanggar ketentuan.

      • Om Suwi berkata:

        thanks mas, lalu waktu ke plaza telkom musti bawa modem dll atau proses administrasi dulu lalu teknisi akan datang ke rumah? kan biasanya tanggal akhir bulan ya si teknisi akan cabut modem.

      • Masgani berkata:

        Kalau saya tidak datang ke telkom. Proses permintaan berhenti langganan melalui https://twitter.com/IndiHomeCare. Untuk modem akan diambil oleh petugas setelah proses administrasi selesai.

  19. cupcake berkata:

    misi mas mau tanya, terus kalau mau aktifin lg gmn yaa? dan kalau belum nyampe sebulan minta di aktifin lg gmn tuh?

    • Masgani berkata:

      Jika masa isolir sudah berakhir maka akan aktif dengan sendirinya. Untuk mengaktifkan layanan sebelum masa isolir berakhir bisa langsung menghubungi Indihome πŸ™‚

  20. Aryo berkata:

    Mas, isolirnya ini dihitungnya dari tanggal berapa sampai berapa ya? Misalkan mau isolir 1 bulan gitu dihitungnya tanggal berapa sampai berapa

    • Masgani berkata:

      Terhitung sejak tanggal isolir dimulai. Misalkan permintaan isolir 1 bulan sudah diterima dan mulai tanggal 1 Juli, maka masa akhir isolir 1 Agustus.

  21. Leony berkata:

    Trims mas infonya membantu sekaliπŸ™

  22. srj berkata:

    Wah terima kasih atas infonya mas, mau sekalian tanya, mau liat isi email mas ke pihak telkomselnya boleh?

  23. rio berkata:

    mas gan, ini themes nya pake apa ya? kok kenceng banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *