Cara Berhenti Langganan IndiHome untuk Sementara atau Selamanya

Cara berhenti langganan IndiHome sebenarnya dapat dlakukan dengan mudah. Namun terkadang beberapa persyaratan yang menyebabkan seseorang menjadi merasa dipersulit. Hal ini biasanya berkaitan dengan perjanjian kontrak langganan layanan indihome.

Pada kesempatan kali ini, masgani.com akan membahas bagaimana cara berhenti langganan indihome untuk sementara waktu atau selamanya. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang ingin berhenti langganan layanan indihome, yang tentunya setiap orang berbeda-beda.

Berhenti langganan sementara/isolir

Pihak IndiHome juga dapat memenuhi permintaan apabila pelanggannya ingin berhenti langganan sementara atau isolir. Hal ini biasanya dilakukan apabila pelanggan yang dalam sementara waktu tidak menggunakan layanan internet dari indihome dan ingin berhenti sementara waktu agar tidak melakukan pembayaran bulanan internet. Karena pada dasarnya ketika berlangganan layanan internet IndiHome dan tidak digunakan, maka pelanggan akan tetap dikenakan biaya langganan setiap bulannya.

Berdasarkan pengalaman Saya sendiri, Saya juga pernah mengajukan permintaan untuk berhenti langganan sementara atau isolir. Saya mengajukannya karena di lokasi tempat tinggal Saya saat ini belum terdapat ODP di sekitar yang aktif. Sehingga pada saat itu Saya tidak dapat melanjutkan proses pindah alamat karena jaringan belum tersedia. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk isolir sementara agar tidak dikenakan biaya bulanan berlangganan internet.

Namun selama masa isolir, pelanggan akan dikenakan biaya isolir yaitu Rp 25.000 + PPN 10% = Rp. 27.500. Jadi daripada harus bayar bulanan internet yang sekitar 300.000 Saya lebih memilih membayar biaya isolir saja 😀

Lalu bagaimana cara mengajukan isolir layanan indihome? Pelanggan dapat mengajukan permintaan isolir melalui beberapa cara berikut:

  • Telpon ke 147,
  • Data ke Plaza Telkom terdekat,
  • Melalui layanan live chat Facebook di akun facebook https://web.facebook.com/IndiHomeCare/, dan
  • Melalui email customercare@telkom.co.id.

Dari beberapa cara di atas, saya lebih memilih atau merekomendasikan melalui Email. Mengapa? karena prosesnya lebih cepat dan pesan disampaikan dengan jelas. Jika melalui telepon artinya pelanggan perlu menyiapkan pulsa dan tentunya tidak sedikit karena nantinya juga perlu verifikasi yang membutuhkan waktu. Lalu bagaimana jika melalui live chat di facebook? Menurut saya pribadi melalui live chat di facebook pesan tidak tersampaikan dengan jelas, terkadang perlu mengulang ulang penjelasan kepada CS.

Jadi Saya lebih memilih menggunakan email, dengan menghubungi customercare@telkom.co.id dengan menyertakan detail akun. Dalam beberapa menit email akan dibalas oleh CS dan akan melakukan verifikasi data. Selanjutnya kita hanya perlu mengikuti saran dan persyaratan yang perlu disiapkan.

Note: Permintaan isolir hanya dapat dilakukan maksimal 3 bulan. Setelah 3 bulan maka layanan akan aktif kembali. Pelanggan hanya diperbolehkan mengajukan isolir maksimal 2 kali dalam 1 tahun.

Berhenti langganan permanen/selamanya

Pelanggan IndiHome dapat mengajukan permintaan berhenti berlangganan. Namun hal tersebut tentu harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah di tentukan pada perjanjian kontrak atau yang telah diinformasikan di halaman website resmi https://indihome.co.id/syarat-ketentuan yang mengatur tentang Kontrak Berlangganan dan Ketentuan Tambahan Kontrak Berlangganan.

Ketentuan yang biasanya membuat pelanggan keberatan saat akan berhenti berlangganan yaitu karena adanya denda 1.000.000 apabila pelanggan berhenti sebelum kontrak langganan lebih dari 12 bulan. Namun sebenarnya ketentuan tersebut sudah diatur sebelum pelanggan berlangganan layanan dan sudah berlangganan, artinya pelanggan setuju dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur.

Untuk mengjukan permintaan berhenti berlangganan layanan indihome juga dapat dilakukan melalui Email atau datang langsung ke Plaza Telkom terdekat.

Apakah dikenakan biaya berhenti langganan?

Pelanggan yang akan berhenti belangganan akan dikenanan biaya berupa Uang Titipan atau uang tagihan tersisa selama akan berhenti berlangganan. Karena sistem pembayaran IndiHome yaitu pascabayar, maka biaya penggunaan bulan saat ini akan dikenakan pada bulan berikutnya. Maka dari itu pada saat akan berhenti berlangganan perlu melunasi sisa tagihan yang berjalan.

Bagaimana jika tidak membayar denda 1.000.000?

Dari informasi yang terkahir Saya dapat. Jika pelanggan berhenti berlangganan layanan sebelum 12 bulan dan tidak membayar denda tersebut, maka akun pelanggan akan di-blacklist dan tidak bisa mendaftarkan layanan kembali di kemudian hari.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.