Title dan Meta pada Plugin Yoast SEO

Title dan Meta pada Plugin Yoast SEO memungkinkan kita untuk mengatur Ttile pada posting atau halaman kita, menambahkan Deskripsi dan kata kunci untuk situs web kita. Ini akan sangat berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization).

Pada postingan ini saya akan coba untuk memberi sedikit penjelasan yang saya ketahui dan membahas tentang cara pengaturan Title dan Meta pada plugin Yoast SEO.

Title dan Meta

Halaman ini berisi pengaturan tentang Title & Meta pada situs web kita. Ada beberapa pengaturan yang mungkin perlu kita ketahu, yaitu:

General

Title dan Meta - General

Pada pengaturan general ini kita dapat memilih simbol untuk digunakan sebagai pemisah judul halaman atau posting kita. Ini akan menampilkan, misalnya, antara judul posting kita dan nama situs. Simbol ini juga akan muncul dalam hasil pencarian.

Home Page

 

Title dan Meta - Home Page

Pada pengaturan ini kita akan melihat beberapa kotak, yaitu:

  • Title template: Ini memngkinkan kita untuk mengatur title yang tampil pada halaman utama kita. Jika Anda tidak tahu dengan hal ini, biarkan saja seperti default nya.
  • Meta description template: kita dapat menuliskan deskripsi situs web kita di kotak ini, Silahkan Anda isi sesuai dengan deskripsi situs web Anda.
  • Meta keywords template: Anda dapat menuliskan beberapa kata kunci disini, misal tentang produk anda atau lainnya yang berhubungan dengan isi situs web Anda. Ini berguna untuk mempermudah calon pengunjung menemukan situs web kita pada saat mereka menuliskan beberapa kata kunci di mesin telusur yang mereka gunakan.

Post Types

Title dan Meta - Post Types

Pengaturan ini memungkinkan kita untuk mengatur title, description, keyword dan index atau noindex.

Post
  • Title template: ini untuk mengatur title pada postingan kita, sebaiknya birakan saja jika Anda tidak mengetahui tentang hal ini.
  • Meta dexcription template: ini mengatur deskripsi template pada posting kita, Anda boleh membiarkannya kosong karena nanti kita juga bisa menambahkannya pada saat kita menulis sebuah postingan dan kita bisa menuliskan deskripsi yang sesuai di dalam Meta box yang ada di bawah visual editor post.
  • Meta Robots: Jika halaman Anda ingin di index oleh mesin pencari, maka biarkanlah ini seperti defaultnya. Tetapi jika sebaliknya, Anda bisa mencentang kotak ini.
  • Show date in Snippet Preview: Centang bagian ini jika Anda ingin menampilkan tanggal pada posting Anda di hasil mesin pencari.
  • Yoast SEO Meta Box: Jika ini di centang, maka pengaturan Meta box di bawah posting tidak di tampilkan.
Page dan Media

Pengaturan ini sama saja dengan yang di atas, Anda tinggal menyesuaikan keinginan Anda.

Taxonomies dan Archives

Pengaturan pada tab halaman ini sama dengan pengaturan yang ada pada tab halaman Post yang sudah saya jelaskan, kita hanya tinggal menyesuaikan sesuai kebutuhan dan keinginan kita.

Others

Sitewide meta settings
  • Noindex subpages of archives: Jika Anda ingin mencegah /page/2/ dan selanjutnya setiap arsip muncul dalam hasil pencarian, centang bagian ini.
  • Use meta keywords tag: Jika di centang, ini akan memunculkan pengaturan meta box untuk menuliskan kata kunci meta tag pada saat kita membuat sebuah tulisan. Ini bisa membantu calon pengunjung mudah dalam menemukan halaman post kita saat mereka menelusuri kata kunci yang sesuai.
  • Add noodp meta robots tag sitewide: Seperti keteranganya; jika di centang, ini akan mencegah mesin pencari menggunakan deskripsi DMOZ untuk halaman dari situs ini dalam hasil pencarian.

Perlu Anda ingat, baca dan pahami terlebih dahulu sebelum melakukan pengaturan ini. Salah dalam pengaturan akan memperburuk nilai SEO pada situs web Abda. Jika Anda menggunakan pengaturan kata kunci meta, gunakanlah seperlunya dan jangan terlalu berlebihan dalam penggunaanya. Karena Google bisa saja menganggap situs anda sebagai penyepam apabila Anda menggunakan kata kunci yang tidak sesuai dan berlebihan.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.