Perubahan Persyaratan Monetisasi YouTube Terbaru

Di awal tahun 2018, YouTube telah melakukan perubahan mulai dari tampilan, fitur-fitur dan khususnya pada Program Mitra Youtube atau Monetisasi. Adanya perubahan persyaratan monetisasi YouTube ini menjadi trending topik dan banyak juga beberapa Youtubers yang baru akan bergabung tidak setuju dengan syarat monetisasi youtube terbaru, karena dinilai perubahan persyaratan tersebut sangat berat.

Perubahan persyaratan ini tidak hanya berlaku untuk channel baru, persyaratan tersebut juga akan diterapkan untuk semua channel yang sudah lama dan sebelumnya sudah disetujui monetisasi nya.

Informasi lebih jelasnya, Berikut adalah penjelasan dan detail tentang perubahan persyaratan monetisasi YouTube.

Perubahan Persyaratan Monetisasi YouTube

Sebelumnya pada bulan April 2017, YouTube menetapkan persyaratan kelayakan Program Mitra YouTube, yaitu channel harus memiliki minimal 10.000 tampilan.

Selanjutnya pada perubahan terbaru di tahun 2018, YouTube merubah persyaratan kelayakan untuk monetisasi menjadi 4.000 jam tayangan dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 pelanggan(Subscribers).

Perubahan persyaratan monetisasi YouTube ini dilakukan untuk memperbaiki pedoman dan kebijakan youtube. Tentunya untuk memperkuat persyaratan monetisasi. sehingga spammer, peniru, dan aktor buruk lainnya tidak dengan mudah mendapatkan persetujuan monetisasi.

Pada Youtube Creator Blog juga dijelaskan bahwa pada tanggal 20 Februari  2018, YouTube akan menerapkan persyaratan ini di semua channel.

Pada tanggal tersebut, channel dengan kurang dari 1.000 pelanggan atau 4.000 jam tayangan tidak akan lagi bisa menghasilkan uang di YouTube. Ketika channel mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tayangan, mereka akan secara otomatis dievaluasi ulang berdasarkan kriteria untuk memastikan mereka mematuhi kebijakan YouTube.

Informasi lebih detail terkait dengan perubahan persyaratan monetisasi youtube, Anda bisa membacanya di Youtube Creator Blog melalui link berikut: Additional Changes to the YouTube Partner Program (YPP) to Better Protect Creators. Anda juga perlu membaca kebijakan program mitra youtube, di halaman tersebut dijelaskan tentang Pedoman Komunitas, Dasar-Dasar & Kebijakan Monetisasi, dan Persyaratan Layanan YouTube, serta kebijakan program Google Adsense.

Bagi Anda yang baru memulai atau belum memenuhi persayatan Monetisasi Youtube, tetap semangat dan jangan putus asa! Karena jika Anda punya niat, pasti akan berhasil melalui proses tersebut.

Jangan lupa untuk mengingat apa tujuan Anda membuat konten di YouTube. 🙂

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

176 Respon

  1. Malik Lalle berkata:

    Maaf admin saya mau tanyakan,,misalkan kita yang punya video atau cover sendiri tapi orang lain (channel) yang duluan upload dari pada kita sendiri si pemilik video??
    Jadi bgmn itu admin ?

  2. SopandyLA berkata:

    Permisi mau tanya min jadi gimana kalo misalnya membuat channel YT bulan oktober 2019 terus awal upload vidio dan memverifikasi channel tanggal 26 desember 2019, Yg nanti nya jadi patokan akhir dalam 12 bulan terakhir, di bulan mana min? Oktober/desember.

  3. Nopri berkata:

    Terima kasih tutorialnya kk, sgt bermanfaat sekali.
    Salam kenal kk dari saya Nopri (1922510013)
    Oyah kk, jgn lupa kunjungi juga ya website kampus saya di
    https://www.atmaluhur.ac.id/

  4. Dion berkata:

    Jika syarat terpenuhi dalam 1 bulan, apakah itu langsung di monetisasi oleh pihak youtube

  5. Charles berkata:

    Mau tanya Mas, saya ada channel youtube sudah pernah dimonetisasi tetapi karena masalah copyright monetisasi channel saya di nonaktifkan, saya sudah mengajukan kembali dan sekarang masih dalam tahap review tetapi sudah sampai 6 bulan belum ada kabar, kebetulan saya punya akun adsense 1 lagi yang menganggur, pertanyaannya, kalo saya mengganti akun adsense youtube lama dengan akun adsense baru, apakah monetisasi di channel saya akan langsung aktif atau akan kembali di review?

  6. bowo berkata:

    kalau saya buat akunya 2014 tapi baru aktif atau upload video sekitar 2 minggu ini apa masih bisa di monetisasi bossku.. mohon penjelasanya..

  7. Irwanto berkata:

    Maaf.. ini saya membuat chanel menggunakan akun lama juni 2018 dan saya pernah sekali meng upload di tahun itu (juni2018).. lalu bulan juni 2019 saya membuat channel youtub dan lbih aktiv upload vidio.. dan sisa 12 bulan terakhir tinggal beberapa bulan saja ..otomotis saya gagal mendapatkan 4000 jam 1000 subscriber dalam 12 bulan terakhir. Apakah saya tetap bisa di monetisasi di tahun berikutnya 2019-2020

    • Masgani berkata:

      Perhitungan 12 bulan terakhir itu dihutung secara berlanjut Pak. Jadi intinya apabila dalam 12 bulan terakhir sudah memenuhi syarat, nantinya bisa dimonetisasi 🙂

  8. Choys berkata:

    Assalamualaikum min saya mau nanya, saya buat YouTube itu sudah 2014, tapi baru di monetisasi Juni 2019 lalu. Nah sesuai kebijakan YouTube yg baru kan minimal memilik 1000 subscriber atau 4000 jam tayang selama 1 tahun. Nah pertanyaan saya apakah Chanel sy sudah tidak bisa mendapat bayaran dari pihak YouTube atau bagaimana.
    Mohon penjelasannya.
    Makasih

  9. Dimas berkata:

    Min tanya kalau dalam 12 bulan baru dapat 800 subscribe dan 2000 jam tayang apakah melanjutkan atau mengulang peraturannya.

    Mohon dijawab

  10. Agung berkata:

    Bang, kalau buatnya di th 2015 tp belum dapet monetisasi, trus masih ikut persyaratan di th 2015 atau aturan sekarang?

  11. Taufiq Hidayat berkata:

    Halo mas, saya punya akun youtube, subscriber dan view memenuhi syarat. Subscriber sudah 7rb dan view sudah 24rb. Status Channel sedang ditinjau, yang jadi masalahnya sudah 3 bulan blm diterima mas. Apa ya masalahnya?? Mohon penjelasannya

  12. Joko berkata:

    Gan, chanel saya sudah memenuhi persyaratan dan sedang dalam peninjauan. Setelah saya tunggu selama satu bulan belum ada kabar dari YT tetapi saya cek di aplikasi creator studia sudah muncul pendapatan walau cuman $1 saja.
    Nah yang saya mau tanyakan… Kenapa chanel masih dalam peninjauan sudah ada iklannya…. Mohon penjelasan gan. Terimakasih….

  13. Moralapo berkata:

    Gan, saya memiliki channel youtube. dulu sempat post 1 – 2 video. setelah itu jarang saya post lagi sehingga sudah hampir 1 tahun. Apakah channel saya bia saya lanjutkan dan kembangkan mencapai 1000 subs dan 4000 jam watch time?
    atau saya buat channel baru ?
    terimakasih gan.
    mhon penjelasanya

    dan kedua Apakah akun youtube kita kehitung sejak kapan gan? upload video pertama atau waktu dibuat akun goole ( gmail ) ? terimakasih

  14. I Gede Suartawan berkata:

    Saya baca, dengan satu akun bisa buat banyak channel, dan bisa juga dimonetize, pertanyaan saya, bagaimana kalau misal dari semua channel memiliki video dan dilihat dari jam tayang, bisa dibilang/sebagai contoh memiliki 500 jam tayang dichannel masing2. Kalau digabung dan melebihi 4000 jm tayang sama 5k subs apakah bisa dimonetize? Atau direview?

    • Masgani berkata:

      Satu akun Google memang dapat digunakan untuk membuat beberapa channel. Namun masing-masing channel memiliki perhitungan dan statistiknya sendiri-sendiri. Jadi tidak dapat digabungkan 🙂

  15. Zeni anggara berkata:

    kalo misalkan video kita ada yang kena copyright, sampe 3x bahkan lebih,contoh meng cover lagu. Yang di lakukan apa harus membuat channel baru .. Untuk mempermudah monetisasi,atau apa langkah selanjut nya.. Mohon bimbingan

  16. Yullian berkata:

    Mau tanyak bang,dr 12 bulan terakhir misal saya up video d bulan maret atau slain januari dan desember apakah bisa kehitung mncapai 4000 jam tayang?

  17. Bayu pratama berkata:

    Bang kenapa penayangan jam saya menurun terus ya contoh ni 3 hri yg lalu tayangan saya sudah 2500 dan setiap hri mala berkurang pdhal saya upload vdeo trs dan smpai hr ni menjadi 2420, logikanya harusnya nambah kan tp itu malah berkurang. Mohon penjelasaannya

  18. Aceng berkata:

    min kalo video terkena batasan usia apakah masih bisa di monetisasi apa tidak?

  19. Agustino berkata:

    maaf bang,akun youtube saya di buat pada tanggal 22 november 2014
    saya ingin bertanya,apakah akun youtube yang di buat sejak 2014 akan mengikuti peraturan baru youtube yang harus mncapai 4.000 jam tayang dan 1.000 subscribe baru bisa di monetisasi???
    tetapi google AdSens nya saya baru daftar
    mohon penjelasan nya
    terimakasih

  20. Dicky daka Rosma berkata:

    Itu belum 4000 jam tayang dan 1000 subscriber,nanti klo sudah 4000 jam tayang dan 1000 subscriber bisa di monetisasi gak,terima kasih

  21. Dicky daka Rosma berkata:

    Asslkm,mas saya youtubers pemula,kenapa pas saya sudah daftar google adsense kok pas di aplikasi creator studio tanda dolarnya dicoret,itu bisa di monetisasi gak

  22. Mardiana berkata:

    Assalamu’alaikm.. Mau bertanya, Jika kita buatkan channel youtube sdh lama tapi baru di daftar di adsance kmrin itu gimana perhitungan jam tayangnya itu Dan subscribernya??

    • Masgani berkata:

      Wa’alaikumsalam

      Perhitungan nantinya akan diambil dari data analytics dan untuk subscriber jika memang sudah mencapai minimal 1000. Makan akan secara otomatis terhitung telah memenuhi syarat jumlah subscriber. Jadi tidak masalah apabila Anda baru mendaftarkan monetisasinya 🙂

  23. rian cute berkata:

    channel saya kena suspend, gimana cara aktifkan,.saya cuma coba2 upload video….saya buka gak bisa dengan email saya…tks.

  24. Angga cho berkata:

    Gann kalau saya buat akun yt dari 2015.. Dan memulai membuat konten yt baru 1 bulan ini,, dan skrg subscriber udah mencapai 800 dan waktu tayang 240.000 menit lebih,, apakah bisa nanti akun yt aku di monetisasi?

  25. stone_jhon berkata:

    Gan,, akun ane upload videonya dinonaktifkn,, dan terkena 1 pelanggaran hak cipta, dan 2 x terkena teguran pedoman komunitas,, dan monetisasi nya jg masih ditinjau,, apa msih bisa disetujui apa tidak y gan,???

  26. bersamabatta berkata:

    maaf min mo tya penting ini..
    kalo video kita kena pembatasan usia apakah sbaiky di hapus videoy apa gmn ??
    mohon pncerahannya.
    thanks

    • Masgani berkata:

      Apabila menemukan hal seperti itu, silakan ubah pengaturan video Anda dan centang pada bagian pembatasan usia. Seperti contoh screenshot di bawah ini:
      Pembatasan usia di youtube

  27. Sutrisno berkata:

    Kuota habis buat upload video doang
    Bos

  28. Ilman agrima berkata:

    Saya mau nanya ? Saya bingung karena waktu kemarin saya upload video terjadwal dan dengan jam yg sudah ditetapkan di youtube , nah waktu semalam saya ganti jamnya , cuman yang saya heran pas video itu terpublish di beranda channel saya tidak ada namun pas di searching video tersebut ada itu kenapa ya ?

  29. Regina berkata:

    Ka aku mau nanya . Kan yutup aku tuh pernah aku coba di akitifin monetisasi nya tapi dari pihak sana ga di aktifin .ya karena emg syarat nya juga ga terpenuhi si yg 4000jam tayang itu . Tapi apakah setelah sudah terpenuhi syarat nya monetisasi akan terotomatis aktif sendiri atau harus di seting dulu . Mohon jawab

    • Masgani berkata:

      Jika persyaratan sudah terpenuhi, nantinya channel Anda langsung akan direview dan akan segera dihubungi apabila proses review sudah selesai 🙂

  30. DhimProject berkata:

    Mas, video di channel Youtube saya ada yang terkena klaim hak cipta karena musik yg saya gunakan ber-hak cipta. Tapi dalam email klaim hak cipta tersebut menyatakan hal tersebut tidak apa2, apakah saya harus tetap menghapus video yg ber hak cipta tersebut, atau biarkan saja karena tidak ada masalah? Mohon jawabannya mas.
    Channel YT saya : DhimProject

  31. Gugus w berkata:

    Mas saya mau nanya nih ngganjel banget soalnya saya baru tau/ sadar sebenarnya sjak kapan persyaratan minimum monetisasi dihitung, sejak kita memngaktifkan channel atau sejak kita pengajuan program partner youtube kita disetujui. Mohon pencerahan

  32. Ridwan berkata:

    ka upload dulu atau monetitas dulu tolong jelasin ya kaka

  33. Vickywlbs berkata:

    Kak syarat saya sudah lunas 4010 jam tayang +1300 subscriebers,nah pertanyaan saya video yg paling banyak menghasilkan jam tayang itu ada di video tanggal 9januari 2018 yaitu 300 jam,kata kakak jam tayangnya itu 12bulan terahir nah jika8hari kedepan jam tayang saya gak nambah gimana?apa saya harus mengulang kembali jam tayangnya??klo bingung pertanyaannya chat via wa 082338882240 atau saya kirimin wa kakak

  34. dika hadi berkata:

    mas bro dan mbak sisi mohon bantu subscribe channel saya
    berikut ini contoh video yg saya kerjakan

    terimakasih telah membantu
    matur nuwun

  35. Afgan berkata:

    Youtube saya sudah 11rb subs, dan watch sudah lebih dari 4000jam. Tetapi status masih under review. Lama sekali aprove nya? kira-kira apa yang perlu dilakukan. Sudah lebih dari 3 bulan masih under review

  36. Chanelku baru 500 jam tayang. 10rb tayangan. 260 subcriber wkwkwk :V

    Yang penting banyak yg nonton aja lah, soalnya gak ada niat buat daftar ansense.

  37. Pitung berkata:

    Bila akun youtube saya tidak menembus 4000jam tayang dan 1000 subscriber dalam jangka 12 bulan, dan baru mencapai nya 2 tahun kedepan apakah masih bisa dapet di monetisasi ?

  38. rifqi firmandani berkata:

    intinya kalau tidak memenuhi syarat di atas tidak akan bisa mengaktifkan monetisasi youtube? bener ga min?

  39. Tyas nitinegoro berkata:

    Subscribe canel saya bang , nanti saya follback

  40. Arie berkata:

    Halo masgani, 2 minggu lalu chanel saya mencapai 1000 subs dan 4000 jam watch time dan mulai di review, tapi sampai sekarang belum ada email sudah diterima atau tidak, padahal sekarang subscriber saya sudah hampir 18.000 dan sudah 1.000.000 lebih di tonton, konten saya original buatan saya sendiri ada 18 video sampai sekarang. Kira2 berapa lama lagi prosesnya? Terima kasih masgani.

    • Masgani berkata:

      Halo Arie,

      Anda hanya perlu menunggu saja apabila channel Anda sedang dalam proses review. Karena apabila memang proses review sudah selesai, Anda pastikan akan segera dihubungi melalui email terkait hasil keputusan diterima atau tidaknya channel Anda 🙂

      Saran saya, silakan tetap fokus untuk membuat konten pada channel YouTube Anda.

  41. Habibi berkata:

    Masgani saya mau tanya kalau kita bikin banyak email terus sub sendiri chanel yt kita apa berpengaruh itu min??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.