Perubahan Persyaratan Monetisasi YouTube Terbaru 2018

Di awal tahun 2018 ini, YouTube telah melakukan perubahan mulai dari tampilan, fitur-fitur dan khususnya pada Program Mitra Youtube atau Monetisasi. Adanya perubahan persyaratan monetisasi YouTube ini menjadi trending topik dan banyak juga beberapa Youtubers yang baru akan bergabung tidak setuju dengan syarat monetisasi youtube terbaru, karena dinilai perubahan persyaratan tersebut sangat berat.

Perubahan persyaratan ini tidak hanya berlaku untuk channel baru, persyaratan tersebut juga akan diterapkan untuk channel yang sudah lama dan sebelumnya sudah disetujui monetisasi nya.

Informasi lebih jelasnya, Berikut adalah penjelasan dan detail tentang perubahan persyaratan monetisasi YouTube.

Perubahan Persyaratan Monetisasi YouTube

Sebelumnya pada bulan April 2017, YouTube menetapkan persyaratan kelayakan Program Mitra YouTube, yaitu channel harus memiliki minimal 10.000 tampilan.

Selanjutnya pada perubahan terbaru di tahun 2018 ini, YouTube merubah persyaratan kelayakan untuk monetisasi menjadi 4.000 jam tayangan dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 pelanggan(Subscribers).

Perubahan persyaratan monetisasi YouTube ini dilakukan untuk memperbaiki pedoman dan kebijakan youtube. Tentunya untuk memperkuat persyaratan monetisasi. sehingga spammer, peniru, dan aktor buruk lainnya tidak dengan mudah mendapatkan persetujuan monetisasi.

Pada Youtube Creator Blog juga dijelaskan bahwa pada tanggal 20 FebruariΒ  2018, YouTube akan menerapkan persyaratan ini di semua channel.

Pada tanggal tersebut, channel dengan kurang dari 1.000 pelanggan atau 4.000 jam tayangan tidak akan lagi bisa menghasilkan uang di YouTube.Β Ketika channel mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tayangan, mereka akan secara otomatis dievaluasi ulang berdasarkan kriteria untuk memastikan mereka mematuhi kebijakan YouTube.

Informasi lebih detail terkait dengan perubahan persyaratan monetisasi youtube, Anda bisa membacanya di Youtube Creator Blog melalui link berikut:Β Additional Changes to the YouTube Partner Program (YPP) to Better Protect Creators. Anda juga perlu membaca kebijakan program mitra youtube, di halaman tersebut dijelaskan tentangΒ Pedoman Komunitas, Dasar-Dasar & Kebijakan Monetisasi, dan Persyaratan Layanan YouTube, serta kebijakan program Google Adsense.

Bagi Anda yang baru memulai atau belum memenuhi persayatan Monetisasi Youtube, tetap semangat dan jangan putus asa! Karena jika Anda punya niat, pasti akan berhasil melalui proses tersebut.

Jangan lupa untuk mengingat apa tujuan Anda membuat konten di YouTube. πŸ™‚

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.