Page Not Found di WordPress

Page not found di WordPress adalah salah satu kesalahan yang sering ditemui oleh penggunanya. Kesalahan ini bukanlah merupakan kesalahan fatal. Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami kendala ini, dan tidak perlu beranggapan data Anda hilang.

Penyebab yang sering ditemui untuk kesalahan ini yaitu karena setelah melakukan migrasi wordpress dari layanan hosting lama ke hosting yang baru. Kesalahan ini juga bisa terjadi setelah memindahkan instalasi wordpress dari localhost ke hosting.

Mengapa bisa terjadi page not found?

Hal ini dikarenakan pada konfigurasi url sebelumnya menggunakan pilihan post name sedangkan pada saat memindahkan instalasi wordpress, terkadang file .htaccess akan hilang atau pada saat melakukan backup file .htaccess tersebut tidak ikut masuk ke dalam backup nya. Konfigurasi yang ada di dalam file .htaccess tersebut sangat diperlukan untuk menentukan index pada setiap halaman Anda. Sehingga jika file tersebut hilang atau di dalamnya kosong, maka bisa menyebabkan Page not found pada saat mengakses url halaman website Anda.

Cara mengatasi page not found

Cara mengatasi permasalahan ini sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke halaman admin wordpress Anda, lalu menuju ke menu Pengaturan(inggris: Settings) » Permalink. Selanjutnya pada pengaturan permalinknya, silakan pilih Nama tulisan(inggirs:Post Name). Apabila pilihan ini sudah otomatis terpilih, Anda hanya tinggal klik tombol Simpan untuk membuat ulang konfigurasi .htaccess nya.

cara mengatasi page not found di wordpress

Setelah selesai, silakan dapat dicoba kembali akses website Anda dan coba mengakses url setiap halaman website Anda 🙂

Selamat mencoba!

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.