Mengoptimalkan gambar dengan plugin WP Smush

WP Smush adalah plugin yang sangat berguna untuk mengoptimalkan gambar (ukuran file gambar) tanpa mengurangi kualitas pada gambarnya. Gambar adalah sesuatu yang pasti ada pada setiap situs web, baik itu untuk sebuah logo, latar belakang ataupun sebagai pendukung tulisan untuk mempermudah pemahaman pengunjung. Tanpa adanya gambar, mungkin halaman web akan terlihat sepi.

Tapi bagaiamana kalau suatu halaman web mempunya banyak gamar yang dimuat? tentu ini akan mempengaruhi kinerja server dan akan mengurangi waktu respon server yang menimbulkan halaman menjadi berat saat dimuat.

Dengan bantuan Plugin WP Smush, kita bisa lebih leluasa untuk menempatkan gambar pada setiap halaman atau posting kita tanpa takut mengurangi kinerja server kita. Karena plugin ini akan membantu kita untuk mengoptimalkan ukuran file gambar agar lebih ringan saat dimuat.

Bagaimana plugin WP Smush bekerja?

WP Smush akan bekerja pada saat kita meng-upload file gambar, secara otomatis plugin tersebut akan mengoptimalkan file gambar kita dan tanpa mengurangi kualitas gambar yang kita upload.

Saya memasang plugin WP Smush, tetapi sebelumnya saya sudah mempunyai banyak file gambar. Apakah ini bisa di optimalkan?

Bisa! WP Smush juga memungkinkan kita untuk mengoptimalkan gambar yang sebelumnya sudah pernah ter-upload dan tersimpan di Media pustaka kita.

Bagaimana carannya mengoptimalkan gambar?

Caranya cukup mudah, hanya satu kali klik dan menunggu proses samapai selesai. Berikut adalah caranya:

  1. Arahkan kursor ke menu Media
  2. Klik menu WP Smush yang ada pada submenu Media
  3. Gulir halaman ke bawah, cari dan klik tombol Bulk Smush Now
  4. Tunggu hingga proses pengoptimalan selesai.

Mengoptimalkan gambar

Jika sudah selesai, maka akan terlihat seperti ini

All Done!

Sekarang file gambar kita sudah sepenuhnya di optimalkan oleh Plugin WP Smush.

Selamat mencoba 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.