Mempercepat situs WordPress dengan cara Lazy Load

Lazy Load adalah salah satu cara untuk mempercepat loading suatu halaman web, misal Mempercepat situs WordPress.  Hal ini di tujukan untuk menunda waktu respon halaman agar halaman lebih ringan saat dimuat. Seperti contohnya konten bergambar yang biasanya sangat mempengaruhi kecepatan loading halaman kita.

Masih bingung tentang lazy load? Oke, saya akan coba jelaskan sedikit lagi.

Apa keuntungannya jika kita menerapkan Lazy Load?

Keuntunganya adalah situs kita akan lebih cepat tampil pada saat pengunjung datang ke situs web kita. Jika biasanya waktu pemuatan situs web kita 1 detik, mungkin dengan menerapkan lazy load waktu respon situs web kita bisa lebih cepat misal menjadi 0,4 detik.

Bagaimana cara kerjanya?

Objek akan ditunda terlebih dahulu dan akan ditampilkan di akhir waktu setelah halaman web dimuat atau pada saat objek tersebut dibutuhkan. Biasanya dengan cara mengeklik tombol untuk menampilkan gambar atau pada saat halaman discroll ke bawah maka objek akan tampil.

Ada banyak cara yang bertebaran tentang cara menggunakan lazy load ini. Namun disini saya akan menyarankan Anda untuk menggunakan plugin yang sangat berguna untuk menerapkan cara ini. Plugin tersebut adalah a3 Lazy Load. Dengan bantuan plugin a3 Lazy Load kita akan dengan mudah dan cepat untuk menerapkan lazy load ke dalam situs WordPress kita.

Jika Anda tertarik silahkan install plugin tersebut, dengan cara mencari nama plugin a3 lazy load di kotak pencarian plugin, atau jika ingin mengunduh sendiri silahkan menuju tautan ini : a3 Lazy Load.

Jadi dengan cara ini situs web kita akan lebih ringan di muat karena adanya penundaan objek yang di tampilkan dengan cara lazy load ini. Jika Anda bingung tentang cara setting plugin a3 Lazy Load, silahkan lanjut ke tutorial cara setting plugin a3 Lazy Load.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.