Cara Membuat Website Mudah Dan Cepat

Cara membuat website dengan mudah dan cepat adalah hal yang sangat banyak orang inginkan. Beberapa orang akan berfikir bahwa membuat website itu adalah hal yang tidak mudah dilakukan dan membutuhkan banyak biaya. Namun kenyataannya, saat ini untuk dapat membuat sebuah website sangatlah mudah dan cepat. Karena saat ini sudah banyak layanan dan teknologi yang mempermudah seseorang untuk membuat website.

Pada panduan ini Saya akan memberikan informasi dan langkah-langkah mudah membuat website. Namun sebelum melangkah ke cara membuat website, ada minimal 3 hal yang perlu diketahui untuk membuat sebuah website. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan sebagai pondasi pengetahuan saat proses membuat website.

Apa saja yang diperlukan membuat website?

Berikut ini adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat website:

1. Domain

Domain adalah salah satu hal yang sangat penting untuk membuat website. Karena domain ini nantinya digunakan sebagai alamat website. Contoh domain seperti: kompas.com, detik.com, facebook.com dan masih banyak lagi.

Lalu apakah semua domain itu memiliki akhiran .com? Tidak, .com sendiri adalah salah satu ekstensi dari banyaknya domain. Ada macam-macam ekstensi domain. Mungkin Anda pernah melihat saat mengakses website perusahaan misal website bank Mandiri memiliki nama domain bankmandiri.co.id? Nah, .co.id itu juga salah satu ekstensi domain. Namun untuk kebanyakan orang khususnya yang awam dalam hal ini akan lebih familiar dengan domain .com.

Pada dasarnya setiap ekstensi domain memiliki artinya masing-masing. Misalnya ekstensi domain .com diperuntukan untuk Commercial(komersial). Namun karena .com adalah ekstensi domain yang orang-orang lebih familiar, bisa dikatakan ekstensi domain .com ini sudah menjadi sangat general, jadi bisa digunakan untuk website apapun.

Lalu untuk contoh ekstensi domain .co.id, ekstensi ini juga sama dengan .com. Namun untuk ekstensi domain .co.id ini diperuntukan untuk website commersial/perusahaan yang usahanya berada di Indonesia. Ekstensi domain ini membutuhkan dokumen usaha seperti SIUP dan lain-lain yang berkaitan dengan ijin usaha.

Memilih domain yang tepat juga salah satu faktor keberhasilan untuk website Anda. Misal dengan menyertakan nama usaha Anda atau nama yang unik agar mudah diingat oleh orang lain. Usahakan nama domain tidak terlalu panjang, agar tidak sulit diingat dan orang-orang akan lebih mudah mengingatnya serta dapat meningkatkan Brand Awareness.

2. Hosting

Hosting adalah layanan yang dapat digunakan untuk menyimpan atau menghost data website agar dapat diakses secara online. Anda dapat menyimpan file-file seperti gambar, dokumen dan lainnya serta bisa menyimpan sebuah database. Seseorang dapat dengan mudah mengelola website nya menggunakan layanan hosting. Karena pada layanan hosting sudah didesain dan disempurnakan untuk kebutuhan website atau aplikasi dengan disediakannya panel di dalamnya.

Pada panduan ini, saya merekomendasikan layanan hosting dari Niagahoster. Karena di layanan tersebut sudah disediakan fitur auto install website, artinya seseorang yang menggunakan layanan hosting tersebut akan dapat dengan mudah menginstall website secara otomatis dan tidak dilakukan secara manual. Niagahoster juga memberikan fasilitas gratis domain dan ssl serta sudah menggunakan web server Litespeed yang dapat mempercepat akses website. Saya sendiri juga menggunakan layanan tersebut sejak lama dan sampai saat ini.

3. WordPress

WordPress adalah salah satu platform Content Management System(CMS) yang sangat populer dan banyak digunakan untuk membuat website.

Saat ini perusahaan-perusahaan besar juga banyak yang menggunakan cms tersebut. Bahkan beberapa yang belum menggunakan wordpress, saat ini mulai migrasi untuk menggunakan wordpress.

Di bawah ini diagarm yang menunjukan website yang menggunakan CMS:

Diagram pengguna cms
w3techs.com

Pada diagram di atas, terlihat bahwa yang menggunakan cms WordPress jauh lebih banyak. Itulah alasan mengapa menggunakan wordpress. Dengan menggunakan wordpress, kita akan menemukan banyak panduan dan kemudahan-kemudahan fitur yang tersedia.

Langkah membuat website mudah dan cepat

Time needed: 10 minutes.

Setelah memahami apa saja yang diperlukan. Inilah saatnya memulai untuk membuat website. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Website Penyedia Layanan Hosting

    Buka halaman website penyedia layanan hosting yang dapat Anda akses melalui link berikut: Layanan Hosting

  2. Memilih Paket Hosting

    Memilih Paket Hosting
    Silakan Anda dapat memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Sebagai informasi Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah apabila memilih paket hosting Personal dengan durasi langsung 3 Tahun. Selain harga yang murah, dengan durasi 3 tahun Anda bisa fokus untuk mengembangkan website, katakanlah sambil menunggu balik modal apabila Anda membuat website untuk usaha.

    Note: Harga masing-masing paket yang ditampilkan di layanan hosting mungkin berbeda dengan yang ada di screenshot panduan ini. Karena Niagahoster sendiri sering mengadakan promo, sehingga harga dapat berubah.

  3. Memilih Domain dan Cek Ketersediaan

    Masukan nama domain misal nama Anda atau bisnis Anda dan pilih ekstensi domain yang Anda inginkan. Misal ekstensi domain .com dan pastikan ekstensi yang dipilih adalah ekstensi yang ada didaftar domain gratis. Agar nantinya bisa mendapatkan domain gratis.
    Memilih Domain
    Setelah memasukan nama domain yang diinginkan, silakan klik tombol Cek Domain untuk mengecek ketersediaan domain.

    Note: Jika domain statusnya tidak tersedia, artinya domain sudah digunakan oleh orang lain. Silakan menggunakan nama yang lain atau pilih ekstensi domain lain.

    Setelah menunggu proses pengecekan ketersedian domain dan domain yang Anda inginkan statusnya tersedia, maka Anda dapat langsung klik tombol Tambahkan ke Cart untuk menambahkan ke dalam cart atau daftar belanja Anda.

  4. Pilih Auto Install Website

    Setelah memilih paket hosting dan domain, selanjutnya akan dialihkan ke halaman selanjutnya yang menampilkan pilihan beberapa rekomendasi layanan. Salah satunya yaitu pilihan Auto Install Website WordPress. Pada pilihan ini silakan dicentang, agar nantinya saat hosting aktif akan otomatis ter-install WordPress. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstallnya.Pilih auto install website

  5. Pilih Metode Pembayaran

    lanjut ke checkout
    Memilih metode pembayaran untuk proses pembayaran tagihan order Anda nantinya. Pada halaman tersebut terdapat 2 menu Pembayaran Otomatis dan Transfer Manual. Saya menyarankan untuk menggunakan pilihan Pembayaran Otomatis agar nantinya setelah Anda melakukan pembayaran akan secara otomatis terkonfirmasi dan orderan Anda langsung aktif.

  6. Daftar Akun

    Mendaftarkan akun untuk orderan Anda dengan cara klik tombol Belum Punya Akun.
    daftar akun niagahoster
    Selanjutnya masukan informasi akun Anda pada kolom yang tersedia.

  7. Checkout Orderan

    Masukan kode kupon PROMOHOSTINGTERBAIK untuk mendapatkan dikon tambahan sebesar 5%. Jadi misal saat ini sudah mendapatkan diskon 50% dan ditambah kode kupon tersebut maka akan menjadi 55%.
    checkout order

  8. Melakukan Pembayaran

    Setelah berhasil checkout, nantinya Anda akan diarahkan ke sebuah halaman yang menampilkan informasi pembayaran yang Anda pilih. Silakan melakukan pembayaran sesuai intruksi yang disediakan.

Setelah melakukan order dan menyelesaikan pembayaran, orderan Anda akan aktif dan sudah mulai bisa digunakan. Silakan bisa melakukan pengecekan pada email yang Anda daftarkan, Niagahoster akan mengirimkan email terkait orderan Anda dan jika order sudah aktif, nantinya akan terdapat informasi tentang akun hosting dan login ke website Anda.

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat website dan dapat langsung Anda akses menggunakan nama domain yang Anda pilih saat melakukan order hosting.

Butuh jasa install atau membuat website?

Apabila Anda ingin menghemat waktu dan ingin dibuatkan website, silakan Anda dapat menghubungi Saya melalui halaman kontak.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

4 Respon

  1. Irmanfsp berkata:

    Saya merasa belum mahir menggunakan wordpress, maka saya pilih blogger aja heheee

    • Masgani berkata:

      Hehe itu tidak masalah, karena semua tergantung selera masing-masing. Namun tidak ada salahnya apabila mulai mempelajarinya dari sekarang sedikit demi sedikit. Karena pada dasarnya tidak ada yang instan dan memang butuh proses untuk memahami dan membiasakannya. Sama hal nya ketika pertama kali menggunakan blogger 🙂

  2. SiTamvan.com berkata:

    Ane pake WP juga! ^_^

    Customize banget, blogger / blogspot cukup buat eksperimen aja..

    btw saran hosting nya bagus juga, lagi promo yah gan?

    • Masgani berkata:

      Betul sekali hehe
      Iya, lagi ada promo diskon UPTO 50%. Kemarin sih sebelum tahun baru diskonnya 75%. Kebetulan blog ini juga pakai Niagahoster 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.