Membuat Website Mudah Dan Cepat

Saat ini untuk bisa membuat website tidak memerlukan pengetahuan khusus seperti coding atau pemrograman website. Saat ini Anda bisa membuat website mudah dan cepat, yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Pada panduan ini akan memberikan informasi dan langkah-langkah mudah tentang cara membuat website. Namun sebelum memulai langkah-langkahnya, silakan dapat meluangkan waktu untuk membaca apa saja yang diperlukan untuk membuat website melalui penjelasan di bawah ini.

Apa saja yang diperlukan?

Ada 3 hal yang perlu Anda ketahui untuk membuat website.

1. Domain

Domain adalah salah satu yang sangat penting untuk membuat website. Karena domain ini nantinya digunakan sebagai alamat website Anda. Contohnya seperti kompas.com. detik.com, facebook.com dan lainnya. Contoh tersebut adalah contoh nama domain.

Memilih domain yang tepat juga salah satu faktor keberhasilan untuk website atau blog Anda. Misal dengan menyertakan nama usaha Anda atau nama yang unik agar mudah diingat oleh orang lain. Usahakan nama domain tidak terlalu panjang, lebih bagus lagi apabila hanya satu kata.

2. Hosting

Hosting adalah layanan yang dapat digunakan untuk menyimpan atau menghost data website agar dapat diakses secara online. Anda dapat menyimpan file-file seperti gambar, dokumen dan lainnya serta bisa menyimpan sebuah database untuk website Anda.

Pada panduan ini, saya merekomendasikan layanan hosting dari Niagahoster. Karena di layanan tersebut sudah disediakan fitur auto install website tanpa harus melakukan install sendiri. Niagahoster juga memberikan fasilitas gratis domain dan ssl serta sudah menggunakan web server Litespeed yang dapat mempercepat akses website Anda.

3. WordPress

WordPress adalah salah satu platform Content Management System(CMS) yang sangat populer dan banyak digunakan untuk membuat website ataupun blog.

Saat ini perusahaan-perusahaan besar juga banyak yang menggunakan cms tersebut. Bahkan beberapa yang belum menggunakan wordpress, saat ini mulai migrasi untuk menggunakan wordpress. Karena dengan menggunakan wordpress, kita bisa lebih mudah mengelola website.

Di bawah ini diagarm yang menunjukan website yang menggunakan CMS:

Pada diagram di atas, terlihat bahwa website yang menggunakan cms WordPress jauh lebih banyak. Itulah alasan mengapa menggunakan wordpress. Dengan menggunakan wordpress, kita akan menemukan banyak panduan dan bisa membuat website sesuai yang diinginkan.

Langkah membuat website mudah dan cepat

Setelah memahami apa saja yang diperlukan. Inilah saatnya memulai untuk membuat website. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Website Penyedia Layanan Hosting

    Buka halaman website penyedia layanan hosting yang dapat Anda akses melalui link berikut: WEBHOSTING TERBAIK

  2. Memilih Paket Hosting

    Pilih paket hosting untuk website Anda.

    memilih paket hosting
    Saya sarankan untuk memilih durasi ordernya minimal 1 tahun. Agar Anda bisa mendapatkan domain gratis. Jadi akan lebih menghemat pengeluaran 🙂

  3. Memilih Domain dan Cek Ketersediaan

    Masukan nama domain misal nama Anda atau bisnis Anda dan pilih ekstensi domain yang Anda inginkan. Misal ekstensi domain .com dan pastikan ekstensi yang dipilih adalah ekstensi yang ada didaftar domain gratis. Agar nantinya bisa mendapatkan domain gratis.

    Pilih domain gratis
    Setelah memasukan nama domain yang diinginkan, silakan klik tombol Cari Domain untuk mengecek ketersediaan domain.

    Note: Jika domain statusnya tidak tersedia, artinya domain sudah digunakan oleh orang lain. Silakan menggunakan nama yang lain atau pilih ekstensi domain lain.

    Selanjutnya klik tombol Tambah ke Cart

  4. Pilih Auto Install Website

    Setelah memilih paket hosting dan domain, selanjutnya akan dialihkan ke halaman selanjutnya yang menampilkan pilihan beberapa rekomendasi layanan. Salah satunya yaitu pilihanGratis Auto Install Website WordPress. Pada pilihan ini silakan dicentang, agar nantinya saat hosting aktif akan otomatis ter-install WordPress.
    Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstallnya.

    Gratis auto install wordpress
    Jika sudah dicentang, silakan klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses order.

  5. Lanjut ke Checkout

    Selanjtunya silakan cek detail orderan Anda dan pastikan sudah benar. Jika sudah benar, silakan klik Checkout.
    Checkout orderan

  6. Pilih Metode Pembayaran

    Memilih metode pembayaran yang diinginkan.
    Pilih metode pembayaran

  7. Daftar Akun

    Mendaftarkan akun untuk orderan Anda dengan cara klik tombol Daftar Akun.
    Mendaftarkan akun baru
    Selanjutnya masukan informasi akun Anda pada kolom yang tersedia.

  8. Checkout Orderan

    Masukan kode kupon a-HOSTING2019 untuk mendapatkan dikon tambahan sebesar 5%. Jadi misal saat ini sudah mendapatkan diskon 50% dan ditambah kode kupon tersebut maka akan menjadi 55%.

    Checkout Sekarang

Setelah klik tombol checkout, Anda akan dialihkan ke halaman TERIMA KASIH yang menandakan proses order sudah selesai.

Silakan klik tombol Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayarn untuk melihat detail tagihan Anda.

Setelah Anda menyelesaikan pembayarannya dan orderan sudah aktif, maka website Anda sudah siap digunakan. Jangan lupa untuk cek inbox di email Anda dari Niagahoster yang menginformasikan detail login website dan hosting untuk mengelola website Anda 🙂

Berikut link contoh tampilan atau demonya: https://masgani.com/demo/

Selanjutnya Anda bisa mengelola website Anda dan memilih tampilan tema yang diinginkan.

Selamat mencoba! 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.