Cara Yang Benar Submit Situs Web di Google Search Console

Google Search Console atau yang biasa dikenal Google Webmaster Tools adalah alat yang memungkinkan untuk mendaftarkan situs web atau blog ke google agar situs web  dapat lebih cepat ter-index oleh mesin telusur Google. Selain itu Anda juga dapat mengontrol dan mengoptimalkan situs web Anda di hasil pencarian google. Untuk memulai menggunakan google search console Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu dan memverifikasi nya. Berikut adalah cara yang benar submit situs web di google seacrh console.

Tambahkan Properti

Pertama Anda harus menambahkan properti ke search console yang dapat Anda akses melalui link berikut Search Console. Jika sudah mengunjungi halaman tersebut, maka Anda akan melihat tampilan awal google search console.

Catatan: Sebelum menambahkan properti di search console, Anda harus tahu protokol apa yang digunakan pada situs web. Karena umumnya situs web mempunyai 2 versi yaitu protokol HTTP dan HTTPS.

Berikut adalah cara menambahkan properti yang benar:

  1. Tambahkan Properti atau Add Property dengan cara klik tombol yang ada di pojok kanan halaman search console.
  2. Masukan URL situs web atau blog Anda, misal: http://www.domainanda.com/ selanjutnya klik tombol Tambah atau Add.
  3. Verifikasi situs web Anda dengan metode verifikasi yang diinginkan. Biasanya google menyarankan mengunggah file html ke direktori utama situs web anda. Silahkan baca keterangan yang ada pada metode verifikasi agar lebih jelas.
  4. Ulangi langkah no. 2 dengan menambahkan properti untuk URL situs web non-www dan sebaliknya jika diawal tadi anda menambkan URL situs non-www berarti Anda harus menambahkan URL situs dengan www.

Jika Situs Web Mendukung Protokol HTTPS

Jika situs web Anda mendukung protokol HTTPS, sebaiknya Anda menambahkan 4 versi URL Situs di properti search console. Berikut adalah contoh tampilan search console untuk domain masgani.com.

Tampilan properti google search console

Informasi lebih lanjut terkait dengan hal ini, silakan dapat Anda baca di halaman support google.

Menetapkan Domain Pilihan

Setelah selesai menambahkan properti dan memverifikasi situ, langkah selanjutnya yaitu menetapkan domain yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya atau terjadinya duplikat konten yang mana apabila ini terjadi akan mengakibatkan situs web menjadi buruk di hasil pencarian Google.

Bagaimana cara menetapkan domain pilihan?

Menetapkan domain pilihan dapat dilakukan dengan cara memilih properti yang diinginkan, selanjutnya klik ikon roda gigi yang terletak di pojok kanan atas halaman seacrh console.

Setelan situs

Misal Anda menginginkan domain situs web ditampilkan dengan www, maka Anda harus menetapkan domain pilihan sebagai www. Sebagai contoh, pada situs web Masgani menggunakan domain tanpa www.

Jika pada Blogger, Domain pilihan akan otomatis terpilih pada opsi pilihan www untuk blogger yang sudah menggunakan custom domain. Jika masih menggunakan subdomain dari .blogspot, opsi pilihan ini akan ditiadakan secara otomatis.

Setelan situs - search console

Silahkan pilih sesuai yang diinginkan, jika sudah dipilih maka secara otomatis akan diterapkan ke semua properti yang terkait dengan domain tersebut. Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Bantuan Search Console – Menyetel Domain Pilihan

Catatan: Setelah menentukan domain pilihan, Anda dapat menggunakan pengalihan 301 untuk mengalihkan lalu-lintas dari domain yang tidak menjadi pilihan, sehingga mesin telusur dan pengunjung akan dialihkan sesuai domain pilihan.

Jika menggunakan blogger yang sudah custom domain, Anda harus mencentang bagian berikut:

Blogger Redirect Non-www to www

Menambahkan Sitemap/Petas Situs

Anda juga perlu menambahkan sitemap di properti search console. Karena ini sangat berguna untuk memberi tahu google ketika ada pembaharuan pada situs web Anda. Dengan begitu google akan langsung merayapi pembaharuan yang ada pada situs web Anda.

Cara menambahkan sitemap/peta situs

Pada halaman search console tepatnya di properti pilihan Anda, silahkan klik menu Perayapan >> Peta Situs.

Menambahkan sitemap atau peta situs - Google Search Console
klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs

Selanjutnya masukan URL peta situs

URL Peta Situs - Google Search Console

Sampai di sini, Anda sudah berhasil submit situs web di Google Search Console. Silahkan menunggu sekitar 1 minggu dan maksimal 90 hari untuk melihat perubahannya.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.