Cara register Nameserver

Register Nameserver ini berguna apabila kita ingin menjadikan domain kita sebagai Nameserver dan juga berfungsi untuk menerjemahkan domain name ke ip address yang nantinya bisa kita jadikan nameserver untuk mengarahkan domain ke ip server kita.

Baiklah langsung saja kita menuju ke cara register nameserver untuk domain kita.

Pertama login ke client area di tempat penyedia domain yang kita sewa, atau bagi yang domain manager nya terpisah silahkan langsung saja login ke domain manager kalian.

Pada contoh ini saya menggunakan layanan Freenom dan sebagai contoh saya menggunakan domain gratisan .tk. Mungkin untuk tampilan dan tata letak menunya akan berbeda jika kalian menggunakan layanan lain, tapi intinnya tetap sama saja, kita tinggal menyesuaikan atau mencari-cari menunya hehe

Arahkan cursor ke menu Domains lalu pilih My Domains

My Domains

maka akan tampil list domain yang kita miliki, seperti pada contoh gambar di bawah ini:

register nameserver

lalu klik Manage Domain, dan selanjutnya klik menu Management Tools » Register glue records atau kalau di tempat lain nama menunya Register Nameserver. Tidak ada bedanya, kita tinggal menyesuaikan saja, intinya yang mirip-mirip sperti itu. 🙂

Berikut adalah tampilan untuk halaman yang kita tuju

Register glue records atau nameserver

Sampai disini kita tinggal mengisikan nameservernya pada bagian text field Register a NameServer Name seperti pada contoh gambar dibawah ini.

isikan ns1 dan selnajutnya klik Save

nameserver 1

lalu inputkan lagi ns2 dan klik lagi tombol Save.

namserver 2

Pada bagian IP Address silahkan isikan dengan IP Address server kalian.

Langkah terakhir kita perlu mengarahkan domain kita ke Nameserver kita agar domain kita bisa diakses, contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

update nameserver

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.