Cara Menggunakan NetBeans IDE Pada Pemrograman Java

NetBeans IDE adalah perangkat lunak open source yang di tulis dengan bahasa pemrograman Java. NetBeans IDE digunakan untuk menyesun/menulis kode bahasa pemrograman khususnya Java. Tapi tidak hanya mendukung bahasa pemrograman Java, NetBeans IDE juga mendukung banyak bahasa pemrograman yaitu: HTML/JS, PHP and C/C++ dan lain – lain.

Cara Menggunakan NetBeans IDE

Pada tutorial ini, Saya akan mencontohkan cara menggunakan NetBeans IDE khususnya pada Pemrograman Java. Berikut adalah contoh – contoh yang akan dibahas pada tutorial ini:

  1. Membuat Project
  2. Membuat Package

Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi NetBeans IDE, kalian bisa mendapatkan aplikasinya di Java JDK With NetBeans IDE. Jika pada komputer/laptop kalian sudah ter install Java JDK, kalian hanya perlu install NetBeans nya saja yang bisa kalian dapatkan di NetBeans.org.

1. Membuat Project

Pada tampilan awal NetBeans IDE silahkan klik menu File lalu klik New Project

Membuat Project baru

Jika sudah klik Next maka akan beralih ke tampilan seperti contoh gambar di bawah ini:

Nama project baru

  • Project Name adalah nama untuk projek yang akan dibuat, silahkan beri nama sesuai keinginan Anda.
  • Project Location adalah lokasi di mana projek akan di simpan.
  • Use Dedicated Folder for Storing Libraries biarkan seperti bawaannya.
  • Create Main Class: Jika opsi ini dipilih, maka secara otomatis akan membuat kelas utama bersamaan dengan projek baru.

Jika sudah selesai memberi nama projeknya, selanjutnya klik tombol Finish. Berikut adalah contoh tampilan projeknya, pada tutorial ini, saya memberi nama Masgani.com.

contoh tampilan projek baru

2. Membuat Package

Setelah membuat projek baru, selanjutnya akan saya bahas tentang cara membuat package di NetBeans IDE. Package ini fungsinya untuk mengkategorikan kelas – kelas yang ada di dalamnya. Dengan begitu kita bisa mudah mengetahui apa saja yang ada di dalam package tersebut.

Jika tidak menentukan/membuat package baru, secara otomatis kelas – kelas yang ada di projek akan berada di dalam Default Package.

Untuk cara membuatnya, silahkan simak langkah – langkah berikut ini:

Klik kanan pada bagian Source Package > selanjutnya pilih New dan klik Java Package.

Jika sudah di klik, maka akan tampil window untuk memberi detail nama package nya. Silahkan beri nama package nya setelah itu klik Finish.

Sampai di sini kita sduah selesai untuk cara membuat projek dan package di NetBeans IDE. Untuk tutorial lebih lanjut yang berhubungan dengan tutorial ini, silahkan kunjungi tutorial Dasar Pemrograman Java. Pada tutorial tersebut akan ada penjelasan tentang cara membuat Java Main Class.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Dewi maliana berkata:

    Terimakasih untuk informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.