Cara Menggunakan Fitur Redirects di cPanel

Fitur Redirects d cPanel adalah fitur yang memiliki fungsi untuk membuat redirect atau pengalihan Domain ke domain lain atau URL situs web. Misalnya jika Anda ingin domain example.com ke example.net saat diakses, maka Anda dapat menggunakan fitur Redirects untuk mengalihkannya.

Selain untuk mengalihkan domain itu sendiri, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengalihkan ke halaman yang Anda tentukan. Misalnya Anda memiliki halaman dengan URL https://www.example.com/tentang/ dan menginginkan halaman tersebut dialihkan ke https://www.example.com/kontak/

Cara menggunakan fitur Redirects

Berikut ini adalah langkah cara menggunakan fitur Redirects:

  1. Masuk ke cPanel

    Masuk ke akun cPanel Anda

  2. Pilih fitur Redirects

    Pilih fitur Redirecs yang ada pada menu Domains.
    Fitur redirecs di cPanel

  3. Pilih Type

    Terdapat 2 pilih Type redirect yang dapat Anda gunakan, yaitu Permanent(301) untuk membuat redirect secara permanent dan Temporary(302) untuk membuat redirect sementara.Cara menggunakan fitur redirects di cpanel

  4. Pilih domain

    Pilih domain yang ingin di-redirect. Secara default akan berada pada pilihan ** All Public Domains ** jika tetap pada pilihan ini, maka semua domain yang ada pada cPanel akan di-redirect. Namun jika ingin salah satu domain saja, sialkan pilih domain yang Anda inginkan.

  5. Redirect Path(Opsional)

    Redirect Path
    Opsi ini digunakan apabila Anda ingin melakukan redirect path atau url halaman. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Misal Anda ingin mengalihkan path atau halaman https://www.example.com/tentang/ silakan cukup masukan path nya saja contoh: tentang.
    Namun jika ingin mengalihkan domain utamanya, maka cukup dikosongkan saja.

  6. Redirect to

    Pada opsi kolom Redirect to, silakan masukan URL atau domain tujuan yang Anda inginkan.

  7. www. redirection

    Pada opsi ini, jika Anda ingin redirect ketika domain diakses menggunakan www.example.com, maka silakan pilih Only redirect with www. dan sebaliknya. Namun jika ingin redirect www atau tanpa www, silakan pilih Redirect with or without www.

  8. Klik Add

    Terakhir sialkan klik tombol Add untuk membuat redirection.

Setelah berhasil membuat redirects, selanjutnya Anda dapat mencoba akses domain yang barusaja Anda buat redirects dan pastikan apakah sudah berhasil redirect dengan benar.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.