Cara Membuat Akun G Suite

G Suite adalah paket layanan berbasis awan yang dapat menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah Anda – tidak hanya menggunakan email dan chat, namun melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan banyak lagi. Cukup mendaftar ke akun G Suite yang menyediakan nama domain yang ingin digunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan banyak lagi. (Selengkapnya tentang G Suite)

Bagaimana cara membuat akun G Suite?

Cara membuat akun G Suite sangat mudah sekali, karena pada saat pembuatan akun Anda akan dimudahkan dengan tahap-tahap yang sangat mudah dimengerti. Dan Kabar baiknya, Anda bisa membuat akun Trial alias Uji Coba Gratis!

Note: Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah memiliki Domain dan dalam keadaan aktif.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara untuk membuat akun G Suite:

  1. Silahkan Anda akases halaman G Suite melalui link berikut https://gsuite.google.com/
  2. Klik tombol MULAI UJI COBA GRATIS
  3. Klik tombol BERIKUTNYA untuk melanjutkan.
  4. Mendaftarkan nama bisnis dan jumlah karyawan Anda

Cara Membuat Akun G Suite(Mulai mendaftar)

Sampai pada langkah 4 ini, Anda perlu memberikan informasi mengenai nama bisnis Anda pada bagian text field Nama Bisnis dan selanjutnya memilih jumlah karyawan, termasuk Anda. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan, Jika hanya Anda sendiri silahkan pilih Hanya Anda. Selanjutnya klik tombol BERIKUTNYA.

  1. Memilih Lokasi Bisnis Anda dan selanjutnya klik tombol BERIKUTNYA.
  2. Memasukan alamat email yang saat ini digunakan.
  3. Klik tombol YA, SAYA MEMILIKI DOMAIN YANG DAPAT DIGUNAKAN.

Cara Membuat Akun G Suite(Nama Domain)

Mengapa memerlukan DOMAIN? karena domain tersebut nantinya akan digunakan sebagai alamat email Anda. Misal anda memiliki domain namaperusahaan.com maka alamat emailnya akan menjadi seperti, contoh: info@namaperusahaan.com, cs@namaperusahaan.com, dan lain-lain.

  1. Masukan nama Domain Anda.
  2. Pada “Gunakan domain ini untuk menyiapkan akun?” klik tombol BERIKUTNYA.
  3. Masukan nama Anda sebagai pemilik akun. Setelah itu klik tombol Berikutnya.
  4. Membuat nama pengguna dan sandi.

Cara Membuat Akun G Suite (info login)

Nama pengguna dan sandi tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk masuk ke akun G Suite, jadi pastikan Anda membuatnya dengan benar dan pastikan sandi Anda tidak mudah ditebak. Jadi ketika Anda akan masuk ke akun G Suite, Anda akan menggunakan alamat email Anda. Pada contoh ini menggunakan admin@masgani.net, jadi nanti ketika login menggunakan alamat email tersebut dan sandi yang sebelumnya telah dibuat.

  1. Pada “Berbagi ide hebat dengan Google”, silahkan klik tombol Oke atau Tidak, terima kasih.
  2. Lengkapi Google recaptcha, setelah itu klik tombol SETUJU DAN BUAT AKUN.
  3. Klik tombol BUKA PENYIAPAN
  4. Login menggunakan akun yang baru dibuat

Sampai di sini Anda telah selesai membuat akun G Suite. Tapi agar bisa digunakan, Anda perlu menyiapkan dan memverifikasi kepemilikan domain terlebih dahulu. Untuk cara menyiapkan akun dan memverifikasi silahkan kunjungi tutorial berikut: Cara Menyiapkan Dan Verifikasi Akun G Suite

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.