Spesifikasi Server yang dibutuhkan untuk install cPanel

cPanel adalah panel hosting yang sangat populer dan banyak digunakan oleh layanan hosting. Apabila Anda berniat ingin install cpanel di server milik Anda, maka perlu mengetahui spesifikasi server yang dibutuhkan untuk install cPanel atau lebih dikenal System Requirements untuk cPanel. cPanel hingga sekarang baru support dengan server berbasis AlmaLinux OS, CentOS, CloudLinux dan Ubuntu.

System Requirement

Lisensi(License)

Setiap server cPanel & WHM membutuhkan lisensinya sendiri. Jika Anda belum memiliki lisensi untuk cPanel & WHM, Anda dapat memperolehnya untuk alamat IP server Anda. Untuk mendapatkan lisensi cPanel & WHM, kunjungi cPanel Store.

Networking requirements

Hostname

Hostname Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Nama domain yang terdaftar dan memenuhi syarat sepenuhnya.
  • Belum digunakan di domain server Anda.
  • Panjang maksimal 60 karakter.
  • Resolves atau mengarah ke alamat IPv4 atau IPv6 yang valid.

IP addresses

Alamat IP Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Alamat IP yang valid.
  • Alamat subnet yang valid.
  • Alamat IP gateway default.
  • Perlu konfigurasi loopback NAT dan NAT 1:1 jika server Anda berada di jaringan yang dikonfigurasi NAT.

Ethernet device

Perangkat Ethernet yang dikonfigurasi dengan benar dengan alamat IP statis dan nama host yang sepenuhnya memenuhi syarat. Sistem akan mencoba mendeteksi dan mengatur perangkat ethernet selama proses instalasi.

Firewalls

Meskipun penginstal mencoba membuka port yang diperlukan selama proses instalasi, Anda disarankan menonaktifkan firewall OS sebelum menjalankan instalasi cPanel & WHM. Saat proses penginstalan selesai, Anda dirankan untuk mengonfigurasi firewall dengan klien pihak ketiga. seperti APF atau CSF.

Penting!
AlmaLinux OS memungkinkan Anda untuk menonaktifkan firewall untuk konfigurasi instalasi sistem operasi. Anda sangat disarankan untuk menggunakan metode ini.

Untuk menonaktifkan firewall di server AlmaLinux OS 8, jalankan perintah berikut untuk menonaktifkan firewall, di mana ~/firewall.rules mewakili file aturan firewall:

iptables-save > ~/firewall.rules
systemctl stop firewalld.service
systemctl disable firewalld.service

Utilities

Pada sistem yang menjalankan sistem operasi AlmaLinux OS 8, installer cPanel & WHM akan otomatis menonaktifkan layanan Network Manager dan mengaktifkan layanan network.service.

Hardware requirements

Operating system and version Processor RAM Disk Space Architecture
AlmaLinux OS 8 1.1 GHz Minimum: 1 GB
Recommended: 2 GB
Minimum: 20 GB
Recommended: 40 GB
64-bit
Centos 8
CentOS 7 or RHEL 7
CloudLinux 8
CloudLinux 7
CloudLinux 6 Minimum: 768 MB
Recommended: 1 GB
Ubuntu 20.04 LTS Minimum: 1.1 GHz
Recommended: 2 GHz
Minimum: 1 GB
Recommended: 4 GB

Informasi lebih lanjut dapat mengacu pada dokuemntasi cpanel berikut: https://docs.cpanel.net/installation-guide/system-requirements/

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.