Plugin wajib untuk wordpress versi masgani.com

Sering kali saya lihat pertanyaan tentang plugin wajib wordpress. Sebenarnya wajib atau tidaknya tergantung kebutuhan kita, jadi tidak perlu bingung untuk menentukan plugin apa yang harus di pasang untuk blog kita. Walaupun sudah banyak yang membahas tentang ini. Tapi pada postingan ini saya akan membahasnya versi masgani.com., dan yang nanti saya sebutkan adalah plugin-plugin yang saya pakai di blog ini. Berikut adalah 12 plugin wajib untuk WordPress versi masgani.com. (berasa kyak onthespot) 😀

12 plugin wajib versi masgani.com

1. Akismet

Plugin ini adalah plugin wajib untuk blog atau website kita, karena berperan penting untuk melindungi situs kita dari ancaman spam dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Plugin ini sudah otomatis terinstal, karena sudah satu paket dengan wordpress. Kita tinggal mengaktifkan dan memasukan Api key nya; untuk api key nya ada yang berbayar dan gratis, untuk fitur yang gratis tentu tidak selengkap dengan yang berbayar.

2. Broken Link Checker

Cara mudah untuk mendeteksi broken link atau link pada blog kita yaitu dengan menggunakan plugin ini. Apabila ada perubahan url pada blog, file-file, gambar atau lainya; dan kita tidak sempat untuk merubahnya, maka plugin ini akan secara otomatis mendeteksinya dan memberi peringatan kepada kita apakah ingin diperbaiki, dihapus atau dihilangkan link tautanya. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi postingan saya tentang plugin Broken Link Checker.

3. Disqus Conditional Load

Jika kalian menggunakan Disqus Comment, mungkin ada baiknya kalau kalian mencoba plugin ini. Plugin ini sama dengan plugin Disqus Comment System, saya menggunakan plugin ini sengaja untuk menunda waktu load halaman agar halaman tidak terlalu lama loading nya atau dimaksud dengan lazy load. Jadi ketika kita membuka halaman posting kita, maka disqus comment tidak langsung ikut terbuka atau tampil bersamaan dengan waktu kita membuka halaman; Disqus comment hanya akan tampil ketika kita scroll halaman kebawah atau ketika kita klik load, tergantung pada pengaturan yang kita terapkan di plugin ini.

4. Hierarchical HTML Sitemap

Plugin ini menghasilkan hirarkis HTML Sitemap untuk blog WordPress kita. Ini menampilkan posting berdasarkan kategori yang diurutkan secara hirarki. Kita juga dapat menampilkan sitemap di halaman atau di mana saja yang kita mau. Plugin ini tanpa menggunakan css atau javascript, hanya menggunakan kode PHP saja. Saya menggunakan plugin ini karena tampilan yang rapih, simpel dan tanpa tambahan css atau javascript yang dapat mempengaruhi waktu loading blog kita.

5. Jetpack by WordPress

Jetpack menyertakan banyak fitur lain yang dapat kita gunakan untuk mengustomisasi tampilan dan fungsi situs kita. Ini termasuk Formulir Kontak, Galeri Foto, CSS Kustom, Curousel, dan masih banyak lagi. Plugin ini sangat banyak kegunaannya, dengan banyak fitur yang disediakan; kita tidak perlu install plugin tambahan karena plugin ini sudah menyediakan banyak fitur yang kita perlukan. Jetpack juga memungkinkan kita untuk menghubungkan blog kita ke akun WordPress.com untuk menggunakan fitur canggih yang biasanya hanya tersedia bagi pengguna WordPress.com saja.

6. Lightbox Plus Colorbox

Plugin ini berfungsi untuk menampilkan gambar dengan versi yang lebih besar tanpa harus meninggalkan halaman yang saat ini sedang kita kunjungi. Plugin ini cocok bagi kita yang sering memposting tulisan beserta contoh-contoh gambar guna untuk mempermudah pemahaman pengunjung. Ketika pengunjung halaman kita meng klik gambar-gambar yang ada di postingan kita untuk melihat versi yang besar dan jelas. Kita juga bisa mengatur style nya sesuai dengan yang kita inginkan.

7. Redirection

Jika kita berimigrasi dari sebuah situs yang lama, atau mengubah direktori installasi wordpress kita. Maka plugin ini adalah salah satunya untuk mengatasi ketika ada kesalahan error 404 yang menuju ke url halaman kita. Kita bisa mengatur dan menentukan ke mana kita akan mengerahkan nya tentunya ini tidak akan membuat pengunjung situs kita kecewa dan kita bisa tetap mempertahankan url halama yang sudah terindex dimesin pencari lalu dialihkan ke url baru tanpa adanya kesalahan.

8. Wordfence Scurity

Plugin ini berfungsi untuk mengamankan situs kita dari ancaman virus atau tangan-tangan jahil. Demi keamanan situs kita, maka ada baiknya kalau kita menambahkan keamanan pada situs kita dengan bantuan plugin ini. Plugin ini sangat populer dan menjadi andalan para pengguna wordpress. Walaupun tidak menjadikan situs kita sepenuhnya aman, karena menurut saya sendiri tidak ada system yang benar-benar sepenuhnya aman. Tapi setidaknya kita dapat meminimalisir terjadinya serangan atau ancaman virus yang masuk ke situs kita.

9. WP Smush

Jika kalian sering memposting dengan banyak gambar-gambar pendukung dan tidak ingin situs kita menjadi lambat alias lemot karena terlalu banyak gambar-gambar yang dimuat. Plugin ini sangat cocok untuk mengatasi masalah tersebut, karena dengan bantuan plugin ini, ketika kita upload sebuah gambar atau foto, plugin ini akan secara otomatis mengompres atau memperkecil ukuran file-file gambar kita agar lebih ringan dalam waktu pemuatannya. Jadi plugin ini sangatlah cocok buat para blogger yang ingin selalu mempertahankan kecepatan loading halaman.

10. WP Super Cache

Plugin ini berfungsi untuk mempercepat loading situs kita dengan cara menyimpan cache dan mengompres konten yang ada pada situs kita, walaupun tidak menjadikan 100% lebih cepat. Plugin ini menghasilkan file html statis dari blog WordPress dinamis kita. Jadi dengan cara ini blog kita bisa tampil lebih cepat, karena semua pengunjung yang datang ke situs kita pasti akan senang jika situs kita tidak lemot.

11. WP Optimize

WP-Optimize berguna untuk membersihkan atau mengoptimalkan database WordPress kita tanpa harus masuk ke PhpMyAdmin untuk melakukan hal tersebut. Hanya dengan beberapa pilihan dan satu kali klik saja, maka secara otomatis plugin ini akan mengoptimalkan database wordpress kita agar database kita tidak terlalu berat dan tidak menyisakan data-data yang sudah tidak digunakan lagi atau sudah usang.

12. Yoast SEO

Plugin ini sudah sangat terkenal dikalangan para pengguna wordpress. Dari setiap pengguna wordpress pasti kebanyakan menggunakan plugin ini. Memang plugin ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan situs kita, dengan bantuan plugin ini kita bisa dengan mudah mengatasi massalah SEO(Search Engine Optimization) tanpa harus memerlukan pengetahuan yang lebih atau membuat sebuah script untuk mengoptimasi blog kita.

Itulah 12 plugin wajib untuk wordpress versi masgani.com. Bagaimana dengan kalian? apakah kalian juga sama seperti saya menggunakan plugin-plugin tersebut? hehe

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.