Cara Penggunaan Variabel dan Tipe Data

Contoh dan penjelasan tentang cara penggunaan variabel dan tipe data pada pemrograman java. Mungkin bagi kalian yang baru mulai belajar pemrograman akan selalu bertanya-tanya dan belum mengerti tentang Apa sih variabel itu? dan apa itu tipe data?

Agar lebih jelas, mari kita simak sedikit contoh dan penjelasan penggunaan variabel dan tipe data di bawah ini:

Contoh Penggunaan Variabel dan Tipe Data

Dalam pemrograman java, variabel harus terlebih dahulu di deklarasikan sebelum mereka dapat digunakan. Tetapi sebelum kita mendeklarasikan sebuah variabel, kita harus tahu tipe data apa yang nantinya akan kita gunakan. Sedangkan variabel itu sendiri adalah tempat untuk menyimpan data sementara pada saat program di jalankan.

Contoh:

contoh variabel dan tipe data

String contoh_variabel1 = "ini isi variabel dengan tipe data String";
int contoh_variabel2 = 10;

Sampai di sini kita sudah membuat  variabel contoh_variabel1 dengan tipe data String dan contoh_variabel2 dengan tipe data int. Masing-masing variabel tersebut sudah diberi isi atau nilai yang nantinya akan tampil pada saat program dieksekusi atau dijalankan.

Pemanggilan Variabel

Setelah kita membuat variabelnya, sekarang kita akan coba memanggil variabel yang sudah kita buat tadi guna untuk menampilkan hasil dari isi variabel tersebut.

Contoh:

contoh pemanggilan variabel

Pada contoh gambar di atas, kita mencetak hasil output nya menggunakan perintah System.out.print(); dan dilanjut dengan karakter + selanjutnya baru kita panggil nama variabelnya.

Sekarang coba kita jalankan programnya. Maka hasilnya akan tampil seperti gambar di bawah ini:

output pemanggilan variabel

Contoh Penggunaan Tipe Data yang Tepat

Saat kita akan mendeklarasikan sebuah variabel. Kita tidak boleh sembarang dalam menggunakan Tipe Data. Kenapa? Karena setiap tipe data memiliki fungsi masing-masing dan juga memiliki range atau jumlah nilai yang dapat ditampung.

Contoh:

penggunaan tipe data yang tepat

Pada contoh program di atas kita melihat ditemukan adanya indikasi error pada baris 19 yaitu:

byte contoh_variabel2 = 128;

Hal ini terjadi karena tipe data byte hanya memiliki nilai tampung maksimum 127 maka dari situlah terjadinya error pada program di atas, karena tipe data byte tidak mampu menampung nilai 128.

Bagaimana agar program di atas bisa berjalan dengan benar?

Caranya yaitu kita harus menggunakan tipe data yang mampu menampung nilai yang ada di dalam variabel contoh_variabel2.

Contoh:

penggunaan tipe data yang tepat2

Sekarang program kita sudah benar dan indikasi errornya sudah hilang. Ini karena kita menggunakan Tipe Data yang tepat yaitu tipe data short. Karena tipe data tersebut mampu menampung nilai yang ada di dalam variabel contoh_variabel2.

Jadi setiap kali kita akan mendeklarasikan sebuah Variabel, kita harus memilih Tipe Data yang sesuai.

Untuk lebih jelasnya tentang Tipe Data silahkan teman-teman bisa membacanya di https://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/nutsandbolts/datatypes.html

Itu lah sedikit contoh dan penjelasan tentang Penggunaan Variabel dan Tipe Data. Apabila ada hal yang perlu dipertanyakan silahkan berkomentar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.