Menambahkan meta tag penulis pada tema wordpress

Meta tag atau Metadata adalah data (informasi) tentang data. Elemen <meta> menyediakan metadata tentang dokumen HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Dalam dokumen HTML atau XHTML, elemen meta harus diletakan dibawah tag <head> atau sebelum </head> seperti yang dijelaskan di W3Schools.

Dalam tulisan ini, Saya akan membahas tentang cara menambahkan meta tag penulis pada tema wordpress. Meta tag penulis ini berfungsi untuk memberikan informasi nama penulis dari penulis atau orang yang membuat dan mempublikasikan tulisan pada halaman webnya. Biasanya nama penulis akan muncul apabila Anda membagikan tulisan atau artikel Anda ke Facebook. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini:

menambahkan-meta-tag-penulis

Defaultnya, penulisan meta tag untuk author seperti ini:

<meta name="author" content="Irfan Gani R.">

Contoh code di atas sudah benar, tetapi kalau penulisanya seperti contoh di atas, tema wordpress yang kita gunakan tidak bisa membacanya dan hasilnya isi di dalam content=" " kosong walaupun tadinya sudah kita isikan nama kita. Selain itu, apabila kita memiliki banyak user yang bertugas menulis artikel pada web atau blog wordpress kita tentunya hal tersebut tidak dinamis, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Agar code di atas bekerja dengan baik dan isi pada content=" " bersifat dinamis sesuai dengan nama penulis baik kita ataupun user lain, maka kita harus mengedit dan menambahkan sedikit code untuk penulisan meta tag tersebut. Berikut adalah caranya:

<?php if(is_singular()):?><!-- jika tulisan tunggal -->
<meta name="author" content="<?php the_author_meta('display_name',$post->post_author);?>">
<?php endif; ?>

letakan code tersebut ke dalam file header.php pada tema yang kalian gunakan, dan pastikan code tersebut di antara tag <head>disini</head> seperti pada contoh di bawah ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>

<?php if(is_singular()):?>
<meta name="author" content="<?php the_author_meta('display_name',$post->post_author);?>">
<?php endif; ?>

<?php wp_head(); ?>
</head>
<body>
.......
.....
......
</body>
</html>

Selanjutnya silahkan simpan perbuahan tersebut dan lihat hasilnya.
Cara melihat hasilnya kalian bisa menuju ke url ini https://developers.facebook.com/tools/debug/ dan masukan salah satu url halaman posting kalian.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.