Memperbaiki pesan error ssl pada bilah alamat

Memperbaiki pesan error ssl pada bilah alamat(Mixed Content) . Ketika kita menemukan pesan error ssl pada bilah alamat yang memuat kontent dari situs yang kita miliki sebaiknya kita tidak usah kawatir, umumnya hal tersebut terjadi karena adanya konten campuran seperti file javascript, css, gambar, dll dari server web kita yang dimuat melalui http sedangkan situs kita meminta agar menggunakan https. Berikut adalah indikasi pada bilah alamat yang memuat konten tidak aman atau campuran sedang ditampilkan untuk situs yang diminta:

Chrome:

address-bar-chrome

FireFox:

address-bar-FireFox

Http

url http pada gambar

Contoh url gambar yang mungganakn http

Https

Memperbaiki pesan error ssl

Contoh url gambar yang mungganakn https

Agar lebih jelas kita bisa membaca tentang keterangan sambungan situs web melalui link di bawah ini:

Chrome: https://support.google.com

ForeFox: https://support.mozilla.org

Untuk memperbaiki pesan error ini tidaklah sulit, kita hanya perlu merubah url yang memuat kontent dari server web kita dari http menjadi https. Jika kita menggunakan CMS WordPress, mungkin hal yang pertamakali harus dilakukan adalah merubah link-link gambar yang ada pada halaman atau postingan melalui database kita.

Pertama silahkan login ke database yang kita miliki, arahkan cursor dan klik pada tabel wp_posts seperti pada contoh gambar di bawah ini:

wp_posts tabel

Selanjutnya arahkan cursor dan klik inline, lihat contoh gambar di bawah ini:

browse wp_posts

Tambahkan code ini:

UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE(post_content,
'http://domainkita.com/','https://domainkita.com/')

update wp_posts

letakan kode tersebut pada kotak inline editor, dan jangan lupa untuk mengganti nama domain sesuai dengan domain yang kita miliki dan selanjutnya klik Go.

Sampai disini mungkin error tersebut sudah teratasi dan warna pada ikon gembok akan berubah menjadi hijau jika pada browser chrome dan abu-abu jika pada browser FireFox. Jika masalah ini belum teratasi, coba pastikan apakah konten seperti file-file javascript, css atau lainya yang dimuat dari web server kita sudah sepenuhnya menggunakan https? Karena masalah tersebut umumnya terjadi karena adanya kontent campuran seperti yang saya jelaskan diawal tulisan ini.

Keterangan:

Mixed content terjadi hanya pada permintaan server kita. Seperti yang saya jelaskan diatas tadi, “ketika file dimuat melalui http sedangkan server kita meminta agar menggunakan https”, maka disitulah mixed content terjadi. Mixed content tidak terjadi apabila file yang dimuat dari server lain dan diletakan di situs kita yang menggunakan protokol https. Jadi misalkan ada script yang kita gunakan dari server lain dan tidak menggunakan protokol https, hal ini tidak akan jadi masalah. Karena mixed content terjadi hanya pada file-file yang dimuat dari server kita yang harusnya menggunakan https.

Hanya itu yang bisa saya jelaskan, semoga bisa membantu. Apabila ada perbedaan pendapat, silahkan berkomentar. Karena saya tidak sepenuhnya tahu tentang hal ini. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saya 🙂

Terima Kasih 🙂

Sumber: https://support.cloudflare.com/hc/en-us/articles/200170476-How-do-I-fix-the-SSL-Mixed-Content-Error-Message-

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.