Memperbaiki Error Establishing A Database Connection

Error establishing a database connection adalah pesan kesalahan yang memberitahukan bahwa ada kesalahan pada server database yang kita gunakan atau kesalahan pada konfigurasi situs web kita.

Penyebab Error Establishing A Database Connection

Penyebab terjadinya error ini yaiut karena kegagalan koneksi antara WordPress dengan Database. Misalnya karena ada perubahan pada konfigurasi database atau configurasi wp-config.php yang tidak sesuai dengan konfigurasi database. Bisa juga karena koneksi server database terputus, sehingga muncul pesan error tersebut.

Cara Memperbaiki

Cara mengatasi atau memperbaiki Error establishing a database connection ini tidak begitu rumit. Anda hanya perlu menyesuaikan konfigurasi antara Database dengan WordPress kita. Berikut adalah caranya:

  1. Jika Anda tidak ingat username dan password databasenya, silahkan ubah dulu username dan password databasenya. Silahkan masuk ke panel hosting yang Anda punya dan coba untuk melakukan perubahan konfigurasi database.
  2. Salin nama database, username, password dan hostname server database Anda.
  3. Buka file wp-config.php yang ada pada direktori instalasi WordPress Anda.
  4. Sesuaikan dengan konfigurasi databse Anda:
    • DB_NAME : sesuaikan dengan nama database Anda.
    • DB_USER : sesuaikan dengan username database Anda.
    • DB_PASSWORD : sesuaikan dengan password database Anda.
    • DB_HOST : sesuaikan dengan host server database Anda. Jika tidak tahu silahkan tanyakan kepada penyedia layanan hosting yang Anda sewa.
  5. Simpan perubahan pada file wp-config.php.
  6. SELESAI.

Setelah itu simpan dan coba akses blog atau situs web Anda, dan apa hasilnya?? yang pasti tidak akan ditemukan terjadinya error. Jika masih muncul pesan Error estabilishing a database connection silahkan cek kembali dan pastikan data sesuai dengan apa yang ada pada Database Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.