Load script and style pada wordpress child theme

Saat kita membuat wordpress child theme, mungkin sebagian dari kita ingin menambahkan script atau style tambahan ke dalam tema kita. Tapi kalau kita baru pertama kali menggunakan child theme, Mungkin akan sedikit kebingungan saat menambahkan fungsi-fungsi nya ke dalam functions.php dan ternyata tidak berhasil dengan cara yang biasa kita gunakan.

Pada tulisan ini saya akan sedikit menceritakan dan berbagi pengalaman yang pernah saya alami saat utak utik tema ini, memang saya akui saat itu saya baru pertama mencoba pakai child theme, biasanya buat dari awal hehe. 😀

Berdasarkan pengalaman saya, saya pernah mendapatkan masalah pada saat menambahkan script dan style external ke functions.php pada child theme sayaSaya terbiasa menggunakan fungsi get_template_directory_uri() untuk mendapatkan link yang menuju ke direktori script atau style external pada theme saya.

Contoh

wp_enqueue_script('nama-script', get_template_directory_uri() . '/js/contoh.js', array(), 1.0, true);

Pada contoh di atas tidak akan jadi masalah kalau kita gunakan fungsinya pada tema utama atau bukan pada child theme. Tapi kalau kita gunakan pada child theme maka link atau url yang didapat menuju ke direktori tema utama, dan tidak menuju ke direktori child theme kita.

Jadi fungsi yang kita pakai yaitu get_stylesheet_directory_uri(). Saya tidak tahu apakah ini salah satunya cara, tapi saya mencotohkan berdasarkan apa yang saya alami.

Semoga bermanfaat 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.