Input Menggunakan JOptionPane Pada Java

JOptionePane adalah class yang ada pada java yang berfungsi untuk memudahkan pada saat penggunaan kotak dialog standar yang meminta pengguna untuk memberi nilai atau suatu string yang ditentukan. JOptonPane sendiri memiliki banyak metode yang bisa digunakan, beberapa diantaranya yaitu showConfirmDialog, showInputDialog, showMessageDialog dan showOptionDialog. Masing – masing metode tersebut mempunyai fungsi tersendiri sesuai dengan namanya.

Pada postingan kali ini, Saya akan membahas tentang cara penggunaan metode input dialog yaitu JOptionPane.showInputDialog. Sesuai namanya, showInputDialog ini berfungsi untuk menampilkan dialog atau window yang nantinya akan digunakan sebagai metode input suatu nilai atau string pada program. Untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaannya, silahkan simak tutorial ini.

Input Menggunakan JOptionPane

Berikut ini adalah cintoh program input menggunakan JOptionPane:

Contoh 1

import javax.swing.JOptionPane;

/**
 *
 * @author Gani
 */
public class contoh1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        String contohInput = JOptionPane.showInputDialog("Contoh input string");
        System.out.println(contohInput);
    }
    
}

Contoh 2

import javax.swing.JOptionPane;

/**
 *
 * @author Gani
 */
public class contoh1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
      int nilai1;
      String contohInput = JOptionPane.showInputDialog("Contoh input integer");
      nilai1 = Integer.parseInt(contohInput);
      System.out.println(nilai1);
    }
    
}

Apa perbedaan contoh 1 dengan contoh 2?

Perbedaanya ada pada tipe data yang digunakan. Pada contoh 1, tipe data yang digunakan adalah String sedangkan pada contoh 2 tipe data yang digunakan adalah Integer. Karena pada saat menggunakan JOptionPane.showInputDialog defaultnya perintahnya menggunakan string, maka jika data yang diinputkan adalah suatu nilai yang bersifat numeric harus dikonversi terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Contoh 2 ini berfungsi untuk tipe data yang bersifat numeric misal int, float, double. Jika kalian belum tahu tentang tipe data pada java, silahkan kunjungi tutorial berikut untuk mengetahui lebih jelas apa itu Tipe Data.

Selamat mencoba, jangan lupa berkomentar apabila ada hal yang perlu ditanyakan atau ada kesalahan pada penulisan pada tutorial ini.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.