Java Swing: Input Menggunakan JOptionPane

JOptionePane adalah class pada java yang berfungsi untuk memudahkan penggunaan kotak dialog standar yang meminta pengguna untuk memberi nilai atau suatu masukan yang ditentukan, salah satunya yaitu input menggunakan JOptionPane ini.

JOptionPane sendiri memiliki banyak metode yang bisa digunakan, beberapa diantaranya yaitu showConfirmDialogshowInputDialogshowMessageDialog dan showOptionDialog. Masing – masing metode tersebut memiliki fungsi tersendiri sesuai dengan penamaan pada class tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara penggunaan metode input dialog yaitu JOptionPane.showInputDialog. Sesuai namanya, showInputDialog ini berfungsi untuk menampilkan dialog atau window yang nantinya akan digunakan sebagai metode input suatu nilai atau string pada program.

Untuk lebih detail tentang cara penggunaannya, silakan simak pada contoh penjelasan di bawah ini:

Input Menggunakan JOptionPane.showInputDialog

Berikut ini adalah cintoh program input menggunakan JOptionPane:

Selamat mencoba, jangan lupa berkomentar apabila ada hal yang perlu ditanyakan atau ada kesalahan pada penulisan pada tutorial ini.

Memiliki pertanyaan atau saran? Silakan klik disini untuk berkomentar :). Anda juga dapat memberikan dukungan/apresiasi untuk masgani.com melalui link berikut: https://saweria.co/masgani

Masgani

Halo, perkenalkan nama saya Gani. Saat ini saya sebagai penulis sekaligus pemilik situs web masgani.com. Selain menulis di situs web ini, keseharian saya saat ini yaitu sebagai Full Stack Developer di salah satu perusahaan Startup. Saya berharap tulisan saya situs web ini dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih :)

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.