Cara Menghubungkan Domain Ke Zoho Mail

Zoho Mail adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Zoho untuk kebutuhan email bisnis. Dengan zoho mail, Anda bisa hosting email secara gratis dan membuat email dari nama domain yang telah dimiliki.

Zoho mail sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang sudah memiliki domain namun tidak memiliki hosting, atau jika Anda sudah memiliki hosting namun beberapa fitur penggunaan email dibatasi, solusinya bisa menggunakan layanan zoho mail.

Bagaimana cara menghubungkan domain ke Zoho Mail?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan domain ke zoho mail:

Mendaftarkan akun

Bagi Anda yang belum memiliki akun di Zoho. Silakan membuat akun terlebih dahulu dengan mengakses tautan berikut: Sign up now

Memilih layanan

Setelah selesai mendaftar akun dan masuk ke Dashboard. Selanjutnya pilih layanan Mail, seperti pada screenshot berikut:

zoho mail

Setelah pilih mail, maka akan tampil pilihan. Silakan pilih Add your existing domain for Email Hosting with Zoho and create domain-based address. Dilanjut dengan mengisi captcha dan klik Proses.

Selanjutnya masukan nama domain Anda pada kolom dengan pilihan Sign up with a domain I already own. Seperti pada contoh screenshot di bawah ini:

Menghubungkan domain ke zoho mail

Setelah klik tombol Add, maka akan beralih ke halaman Domain Setup.

Domain Setup

Di halaman ini akan ada langkah-langkah dalam proses membuat zoho mail. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Verify Domain

Pada langkah ini, ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi domain, seperti pada screenshot berikut:

verifikasi domain

Ada pilihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan penyedia layanan tempat Anda membeli domain. Jika pada pilihan tersebut tidak ada, silakan pilih Others.

Pada contoh ini, saya menggunakan layanan Niagahoster. Jadi saya memilih Others.

Selanjutnya salin kode yang tampil, seperti pada bagian yang saya tandai pada screenshot berikut:

Verifikasi domain - cname method

Tambahkan record DNS tersebut ke DNS Management domain Anda dengan record type CNAME. Berikut contohnya:

verifikasi domain - add cname record

Setelah berhasil menambahkan cname record di dns management. Selanjutnya kembali lagi ke Domain setup pada zoho mail. Klik tombol Proceed to CNAME verification.

Jika berhasil, maka akan tampil seperti pada screenshot berikut:

domain verfication berhasil

Selanjutnya klik Verify Now, tunggu beberapa saat sampai dialihkan ke halaman untuk membuat akun utama/admin seperti pada screenshot di bawah ini:

verifiy domain - create account

Masukan email utama yang diinginkan. Pada contoh ini saya membuat email utamanya dengan nama Admin. Selanjutnya klik tombol Create Account.

Sampai di sini, Anda sudah berhasil membuat email di zoho mail dengan nama domain Anda sendiri.

Add User

Pada langkah ini, Anda dapat membuat beberapa user untuk membuat email. Misal Anda ingin membuatkan email untuk rekan kerja Anda atau user email untuk kebutuhan lain. Jika Anda menginginkannya, silakan klik tombol Proceed to Add Users. Namun jika tidak menginginkannya, Anda dapat klik tombol Skip.

Create Groups

Pada bagian ini berguna jika Anda ingin membuat akun email grup, misal [email protected] Jika tidak menginginkannya, silakan klik tombol skip.

Configure Email Delivery

Bagian ini adalah bagian yang sangat penting agar email dapat digunakan untuk pengiriman email dan penerimaan email.

Anda perlu menambahkan 3 MX Reocrd di dns management Anda.

Host NameAddressPriority
@mx.zoho.com10
@mx2.zoho.com20
@mx3.zoho.com50

Berikut contoh setelah ditambahkan recordnya:

dns reocrd untuk zoho mail

Setelah ditambahkan, selanjutnya klik tombol MX Lookup. Pada langkah ini, Anda perlu menunggu beberapa saat. Karena umumnya perlu menunggu masa propagasi dns nya. Jika sudah berhasil, maka akan tampil seperti pada screenshot di bawah ini:

mx lookup zoho mail

Apabila pada saat diklik tombol MX Lookup, namun belum menampilkan informasi seperti screenshot di atas, maka Anda perlu menunggu saja dan coba dengan klik tombol mx lookup lagi untuk pengecekan. Anda juga perlu memastikan bahwa record yang ditambahkan sudah benar.

Jika sudah, selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan.

SPF/DKIM

SPF dan DKIM ini berguna untuk memberi identitas pada email Anda dan menghindari email spoofing ataupun email spam. Menambahkan record ini sangat disarankan untuk kelancaran penerimaan dan pengiriman layanan email Anda.

Silakan tambahkan record SPF dengan type TXT di dns management Anda. Jika sudah ditambahkan, selanjutnya klik tombol Proceed to configure DKIM.

konfigurasi dkim

Setelah diklik, maka akan diarahkan ke sebuah halaman untuk membuat record DKIM. Silakan klik icon pensil seperti pada bagian yang saya tandai pada screenshot:

membuat dkim

Setelah itu klik Add Selector dan akan tampil seperti berikut:

new selector for dkim

Isikan selektor name dengan nama zohomail seperti pada screenshot di atas. Selanjutnya klik Save. Setelah diklik save, maka akan tampil record yang dapat Anda tambahkan ke dns record Anda. Berikut contohnya:

dkim record

Silakan tambahkan record DKIM milik Anda ke dns management seperti menambahkan record sebelum-sebelumnya. Buatlah record dengan type TXT. Seperti pada contoh screenshot berikut:

contoh record dkim

Selanjutnya klik tombol Verify.

Sampai di sini, proses setup domain sudah selesai. Anda dapat langsung mengakses layanan emailnya dengan mengunjungi tautan berikut: https://mail.zoho.com/

Berikut contoh tampilannya:

Cara Menghubungkan domain ke zoho mail

Dan berikut ini adalah contoh percobaan email yang berhasil dikirimkan ke akun gmail saya.

contoh percobaan email

Sekarang Anda bisa menikmati layanan email hosting secara gratis yang disediakan oleh zoho. Dengan begitu, email Anda akan terlihat menarik dan seperti email bisnis 🙂

Catatan: Jika Anda memiliki hosting, Anda juga dapat menghubungkannya mealalui dns zone yang ada di panel hosting milik Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.