Cara mengatur permalink WordPress

Permalink (tautan permanen) adalah url yang mengarah pada suatu halaman atau post yang ada pada situs web kita. WordPress memberikan kita kemampuan untuk membuat struktur URL kustom untuk permalink dan arsip agar kita bisa menentukan struktur mana yang akan kita gunakan.

Berikut adalah Cara untuk mengatur permalink WordPress

  1. Masuk ke halaman dasbor WordPress kita.
  2. Pergi ke menu Pengaturan dan klik menu Permalink yang ada pada submenu pengaturan.
  3. Sampai di halaman Pengaturan Permalink, disini ada beberapa struktur url permalink yang bisa kita pilih. Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda. Pada opsi ini, kebanyakan dari pengguna WordPress termasuk saya; menggunakan struktur url permalink Post name atau Nama tulisan. Kenapa banyak yang memilih opsi ini? karena struktur permalink post name lebih terlihat simpel dan seo friendly. Maka dari itu banyak pengguna WordPress menggunakan struktur permalink ini.
  4. Klik tombol Simpan perubahan.

Perlu diingat! Terlalu sering merubah pengaturan permalink akan mengakibatkan kerusakan pada url tautan yang menuju ke halaman atau post Anda yang sudah terindex mesin telusur.

Usahakan untuk melakukan perbuhan permalink hanya pada saat Anda membangun situs web atau blog Anda.

Jika sudah terlanjur, Anda bisa menggunakan plugin Redirection untuk mengalihkan url tautan yang rusak ke url yang baru. Ini akan membantu kita agar lebih mudah mengontrol url yang mengarah ke halaman 404 ke url postingan asli. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan plugin Broken Link Checker untuk mendeteksi url yang rusak.

Selamat mencoba, semoga tutorial ini bermanfaat buat Anda yang mebutuhkanya.

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan. Terima kasih 🙂

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.