Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster

Domain dan Hosting adalah dua layanan yang sangat dibutuhkan agar bisa membuat website. Bagi yang sudah familiar, mungkin tidak akan kesulitan untuk cara membeli domain dan hosting.

Namun bagi Anda yang masih belum familiar dan bingung bagaimana cara beli domain dan hosting. Anda tidak perlu khawatir, di postingan ini akan dijelaskan cara dan langkah-langkah untuk membelinya.

Cara membeli Domain dan Hosting

Seblum mulai mempraktikannya, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu apa itu domain dan hosting melalui penjelasan singkat di bawah ini.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama atau identitas unik yang umumnya digunakan sebagai host atau alamat website. Ada banyak ekstensi domain yang bisa digunakan, contohnya: .com, .net, .co.id, .org, .id dan masih banyak lainnya.

Domain inilah yang nantinya digunakan sebagai alamat website Anda dan bisa diakses melalui browser pada laptop atau smartphone Anda.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah layanan yang digunakan untuk meng-host atau menyimpan file dan data website. Agar website bisa diakses secara online dan menampilkan sebuah halaman website, maka membutuhkan layanan hosting.

Jika diibaratkan, hosting adalah rumah untuk websitenya dan domain adalah alamat rumahnya.

Setelah memahami penjelasan singkat tentang pengertian domain dan hosting, berikut adalah langkah-langkah untuk membeli domain dan hosting:

  1. Memilih penyedia layanan domain dan hosting

    Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster
    Memilih penyedia layanan domain dan hosting juga sangat penting, jangan sampai salah memilih layanan. Karena hal ini juga salah satu faktor penting untuk keberhasilan website Anda.

    Di postingan ini saya merekomendasikan untuk menggunakan layanan dari Niagahoster. Kebetulan website ini juga menggunakan layanan tersebut dan sudah bertahun-tahun. Layanan hosting nya juga cepat karena sudah didukung LiteSpeed web server serta kemanan Imunify360.

    Selain itu, di Niagahoster juga akan mendapatkan Domain GRATIS! apabila Anda order layanan hosting nya minimal paket Pelajar. Jadi tidak perlu membeli domainnya, cukup membeli hosting nya sudah mendapatkan domain.

    Silakan klik link berikut untuk mengunjungi website nya:Layanan Domain dan Hosting Terbaik

  2. Pilih paket Hosting

    Di Niagahoster menyediakan 4 pilihan paket yaitu paket Hosting Bayi, Hosting Pelajar, Hosting Personal dan Hosting Bisnis.
    Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan website Anda.

    Saran saya minimal memilih paket hosting Pelajar yang sudah termasuk domain gratis atau memilih paket hosting Personal yang kebetulan saat ini sedang ada promo diskon 75% apabila memilih paket Personal dengan durasi 3 tahun.Pilih Paket Hosting

  3. Mendaftarkan Domain Gratis

    Daftarkan domain yang Anda inginkan secara gratis. Silakan pilih ekstensi domain yang Anda inginkan, misal domain .com, .net, atau .co.id yang pasti sesuai ekstensi yang tertera di daftar domain gratis.

    Silakan masukan nama domain Anda dan pilih ekstensinya, selanjutnya klik tombol Cari untuk cek apakah domain yang Anda inginkan sudah terdaftar atau belum. Jika belum terdaftar, maka akan muncul keterangan Selamat, Domain yang Anda cari tersedia.
    Jika tidak tersedia, silakan coba menggunakan nama yang lain 🙂
    mendaftarkan domain gratis
    Setelah dicek dan domain tersedia, selanjutnya klik tombol Tambahkan ke Cart.

  4. Fitur Tambahan

    Setelah memilih paket hosting dan mendaftarkan domain gratis. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman Fitur Pendukung.
    Silakan pilih seperti pada bagian yang ditandai pada screenshot, selanjutnya klik tombol CHECKOUT.proses checkout orderan

  5. Pilih metode pembayaran

    Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan. Jika ingin membayar melalui transfer bank misal melalui atm, internet banking atau mobile banking, silakan pilih metode Trnsfer Bank.
    Silakan pilih sesuai keinginan Anda 🙂Pilih metode pembayaran
    Note: Anda juga bisa mengganti pilihan metode pembayaran jika ada kendala dengan pilihan yang sebelumnya. Anda bisa menghubungi support bantuan melalui live chat untuk membantu merubahnya.

  6. Menerapkan kode kupon diskon tambahan

    Jangan lupa untuk menggunakan kode kupon berikut: a-PROMOHOSTINGTERBAIK
    Masukan kode kupon dan kllik tombol APPLY
    Menerapkan kode kupon
    Anda akan mendapatkan diskon tambahan 5% jika menggunakan kode kupon tersebut 🙂

  7. Mendaftarkan akun Anda di Niagahoster

    Setelah memilih metode pembayaran dan menerapkan kupon. Langkah terakhir yaitu mendaftarkan akun sebagai member Niagahoster untuk mengelola orderan Anda nantinya.

    Masih di halaman yang sama, silakan scroll ke bawah halaman. Seperti contoh screenshot berikut:Daftar akun di Niagahoster
    Silakan isi informasi Anda, nama, alamat dan lain-lain. Untuk Nama Perusahaan silakan bisa dikosongkan saja apabila Anda belum memiliki nama untuk usaha Anda.

    Note: Pada bagian kolom alamat, pastikan tidak mengandung karakter khusus seperti misal tanda / khususnya pada penulisan rt/rw. Karena nantinya alamat menjadi tidak valid dan muncul keterangan tidak valid. Silakan dituliskan seperti contoh berikut: Namadesaanda, RT007 RW 013

  8. Daftar dan Checkout

    Setelah informasi dan alamat Anda sudah diisi pada masing-masing kolom. Selanjutnya klik tombol Daftar & Checkout
    Jika berhasil maka akan muncul pesan seperti contoh screenshot berikut:Selesai melakukan order

Setelah berhasil mengikuti langkah-langkah di atas. Selanjutnya silakan melakukan pembayaran untuk tagihan order Anda.

Anda juga bisa mengelola orderan atau cek tagihannya melalui member area dengan cara login menggunakan email dan password yang Anda gunakan saat mendaftar tadi. Selain itu, informasi tagihan juga akan dikirimkan ke email dan sms ke nomor telepon yang Anda daftarkan.

Selamat mencoba!

Ada pertanyaan? Silahkan ajukan pertanyaan atau komentar Anda melalui form komentar yang telah disediakan.